AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Tingkatkan Fungsi Perpustakaan, Diarpus Kabupaten Sukabumi Launching Kopi Baper

Sukabuminow.com || Sebuah gebrakan dirilis Dinas Arsip Dan Perpustakaan (Diarpus)Kabupaten Sukabumi. Hal itu sebagai upaya untuk lebih meningkatkan fungsi perpustakaan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sukabuminow.com, Diarpus Kabupaten Sukabumi melaunching Kopi Baper atau Kolaborasi Pintar Bareng Perpustakaan di Kantor Diarpus Kabupaten Sukabumi, Cisaat, Kamis (8/6/23).

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata bahwa terjadi pergeseran fungsi perpustakaan. Kita semua tahu bahwa perpustakaan itu awalnya hanya dijadikan tempat membaca dan meminjam buku. Tapi saat ini perpustakaan harus berbasis inklusi sosial,” terang Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana.

Ia menjelaskan, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di antaranya melalui pendekatan pelayanan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan literasi informasi berbasis teknologi informasi. Serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” tegas mantan Kepala Bidang Sarana Produksi Peternakan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi itu.

Yang menarik dalam peluncuran Kopi Baper tersebut yakni dihadiri oleh para pelaku usaha mikro Paguyuban UMKM, UMKM Juara, Pendamping UMKM Juara, JNE, Telkom, Pegadaian Syariah, dan stakeholder lainnya.

Yana menyebut, Kopi Baper episode 1 akan lebih diutamakan untuk berdiskusi membahas pengembangan IKM dan UMKM melalui fasilitasi permodalan dan promosi usaha.

“Ke depan, Kopi Baper tidak hanya akan membahas tentang pengembangan usaha, namun juga membahas masalah budaya khas Sukabumi, masalah kepemimpinan, masalah pembangunan, atau masalah lainnya dengan melibatkan berbagai stake holder,” tandasnya. (Mulya H)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button