Kabupaten Sukabumi

Tambang Blok Cibuluh Ditutup Tim Gabungan

Sukabuminow.com || Ratusan lubang yang sebelumnya digali dan dibuat oleh para penambang emas tanpa izin di area Perhutani Blok Cibuluh, Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ditertibkan, Kamis (8/6/23). Penertiban dengan penutupan tersebut dilakukan personel gabungan yang dipimpin Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede.

“Tindakan ini lanjutan. Karena kita tidak mau sekadar tindakan penegakan hukum tapi tidak menghentikan kegiatan ini. Sehingga kami dengan tim yang ada sekarang telah melakukan rapat koordinasi. Dan akhirnya pada hari ini melakukan penertiban,” tutur Maruly.

Dalam kegiatan tersebut, tak kurang dari 150 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Perhutani, diterjunkan. Penutupan lubang-lubang tersebut juga dibantu dengan alat berat

“Setelah penutupan ini, nanti kita akan lakukan penutupan akses ke lokasi ini menggunakan pagar kawat. Aksesnya juga akan rusak sehingga tidak bisa dilewati kendaraan lagi,” jelasnya.

Maruly meminta masyarakat dari luar mau pun dalam Kecamatan Ciemas menjaga kelestarian hutan. Terlebih saat ini, kawasan tersebut menjadi tandus dan berlubang karena aksi pertambangan tanpa izin tersebut.

“Sebelumnya kami telah menetapkan enam tersangka yang diduga telah melakukan penambangan emas tanpa izin di lokasi tersebut. Penutupan tambang emas ini harus berkelanjutan agar tidak berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button