AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Tiga Kali Beruntun, Pemkab Sukabumi Kantongi APE

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali mendapatkan penghargaan. Kali ini Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 Kategori Madya diraih dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI.

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, menerima penghargaan tersebut secara virtual di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Rabu (13/10/21).

“Alhamdulillah, ini penghargaan ketiga kalinya ya. Akan kami jadikan pemacu semangat agar meningkat ke kategori utama bahkan kategori mentor,” terang Iyos.

APE merupakan anugerah yang didapatkan daerah dengan Pengarusutamaan Gender (PUG) terbaik. Iyos mengatakan, Kabupaten Sukabumi hanya kekurangan empat poin untuk naik ke kategori utama.

“Dua tahun ke depan, kita targetkan APE kategori utama. Apalagi PUG telah masuk dalam RPJMD 2021-2026, serta terdapat pemberdayaan perempuan dalam visi-misi daerah,” ungkapnya.

Sementara itu Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengatakan, penganugerahan APE 2020 ditunda mengingat adanya pandemi Covid-19.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan APE. Baik kementerian atau lembaga, pemerintah provinsi, maupun pemerintah daerah,” terangnya.

Peningkatan kesetaraan gender, katanya, berkaitan erat dengan percepatan pembangunan serta akan meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) secara global. Karena itu, pemerintah harus menerapkan PUG dalam penyusunan pelaksanaan kebijakan di tempat masing-masing.

“Mari semua, baik pemerintah daerah, provinsi, maupun kementerian atau lembaga untuk bahu membahu mewujudkan kesetaraan gender,” ajaknya.

Di layar yang sama, Menteri P3A RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, terdapat 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi, dan 296 kota/kabupaten yang mendapatkan penghargaan dua tahunan itu.

“Semoga penerima penghargaan di tahun mendatang semakin meningkat,” harapnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close