Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Ungkap Kasus Benur, Polisi Tangkap Pengepul

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Polisi menangkap dua orang yang diduga sebagai pengepul dan kurir benur atau baby lobster di Kabupaten Sukabumi.

Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra mengatakan, keduanya yakni RN dan karyawannya, RA, ditangkap di Kecamatan Ciemas. Keduanya telah menjalankan bisnis tersebut dalam setahun terakhir.

“Ada larangan menangkap benur untuk ekspor tertuang dalam Himbauan Kepala Dinas Kelautan tertanggal 30 November 2020. Itu dasarnya penangkap ini,” jelas Dedy dalam konferensi pers di Mapolres Sukabumi, Rabu (13/10/21).

Dalam operasinya, RN membeli benur dari nelayan langsung. Kemudian RA mengirim benur yang telah terkumpul kepada Mr. X yang saat ini masih dalam penyelidikan petugas.

“RN menjual kepada Mr. X dengan keuntungan 500 rupiah. Jenis benur pasir ia jual 9.500 rupiah, dan mutiara dijual seharga 13.500 rupiah per ekor. Dalam seminggu, tersangka bisa mengirim sampai lima kali kepada Mr. X itu,” terangnya.

Dalam pengungkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa 768 ekor benur jenis mutiara dan pasir dalam 6 kantong plastik bening.

“443 ekor benur pasir dalam tiga kantong, dan 325 ekor benur mutiara dalam tiga kantong lainnya,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close