AdvertorialKabupaten SukabumiPeristiwaSosial

Tangani Psikologis Korban Gempa, Satlinmas Trauma Healing Diterjunkan

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Satpol PP Kabupaten Sukabumi ikut ambil bagian dalam pemulihan pasca bencana gempa bumi di Kecamatan Kalapanunggal. Instansi dibawah nakhoda Acep Saeffudin itu mengirimkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke lokasi terdampak bencana, Kamis (12/3/20).

Kepala Seksie Pemberdayaan Satlinmas Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Okih Pazri Assidiq, mengatakan, pihaknya mengirimkan satu pasukan Satlinmas ke lokasi kejadian. Namun, Satlinmas yang dikirimkan memiliki keahlian khusus dan terlatih.

“Mereka Satlinmas Trauma Healing. Kami sudah lama membentuk satuan itu, dan hari ini akan diberdayakan untuk masyarakat terdampak gempa,” ungkap Okih kepada Sukabuminow.com, Kamis (12/3/20).

Ia menjelaskan, Satlinmas Trauma Healing akan disebar di dua tempat, yakni Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal dan Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan. Mengingat kedua lokasi tersebut cukup parah terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 pada Selasa (10/3/20) itu.

“Kami berkolaborasi dengan tim lainnya di lapangan untuk penanggulangan bencana dan penanganan psikologis korban gempa. Mereka akan melakukan proses trauma healing kepada korban sesuai dengan pelatihan yang sudah dilakukan,” jelasnya.

“Rencananya kami akan berada di lokasi selama dua hari. Tahap awal melakukan assesment terhadap korban terdampak. Kemudian verifikasi dan klasifikasi korban. Orang tua dan anak-anak akan beda proses trauma healing-nya,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close