Kabupaten SukabumiKesehatan

Rapid Test untuk Wisatawan di Palabuhanratu, Ada Yang Reaktif

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Puluhan wisatawan yang tengah menikmati liburan di kawasan Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menjalani rapid test, Sabtu (31/10/20).

Kegiatan tersebut dilakukan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Palabuhanratu, serta mendapat pengawalan dan pengawasan dari Satpol PP Provinsi Jawa Barat.

“Kami diperintahkan pimpinan untuk melakukan pengawasan di seputar keramaian dan tempat destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi. Kami berkolaborasi dengan Satpol PP Kabupaten Sukabumi, TNI, Polri, dan Gugas Kecamatan Palabuhanratu melakukan rapid test yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi melalui Puskesmas Palabuhanratu,” ujar Kepala Seksi Deteksi Dini Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Ukun Kundarsyah.

Ukun menjelaskan, rapid test tidak hanya dilakukan di kawasan objek wisata Palabuhanratu saja, namun juga di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) lainnya.

“Tadi di RTH Citepus ada 2 orang yang reaktif dari 25 sampel. Kami mengimbau keduanya untuk istirahat dan isolasi mandiri,” jelasnya.

“Nantinya yang 2 orang ini akan ditindaklanjuti oleh Satpol PP Kabupaten Sukabumi, juga dalam pengawasan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Palabuhanratu, Irwan Ruswandi, menambahkan, rapid test di kawasan objek wisata Pantai Palabuhanratu di aksanakan di dua lokasi, yakni pantai Ruang Terbuka Hijau Citepus dan Pantai Citepus Istana presiden.

“Target kita 100 orang wisatawan untuk dilakukan screening pemeriksaan Covid-19 ini. Tujuannya tiada lain ingin melakukan random sampling, apakah wisatawan yang datang ke kita itu betul-betul sehat. Sehingga masyarakat yang ada di sini tidak terpapar Covid-19,” ungkapnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close