AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Puluhan IKM Logam Dapat Bantuan, DPESDM Kabupaten Sukabumi Gelar Rakor

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Bidang Agro Dinas Perindustrian Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi, sinkronisasi pelaksanaan pemberdayaan pengembangan industri, dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021, di Aula Hotel Augusta Cikukulu, Rabu (16/6/21).

Peserta terdiri dari 76 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) logam. Di antaranya 20 IKM dari Kecamatan Nyalindung, 22 IKM dari Kecamatan Kebonpedes, dan 34 IKM dari Kecamatan Cisaat.

Para peserta nantinya akan mendapatkan bantuan berupa alat- alat penunjang produksi logam (pandai besi), seperti hammer (mesin tempa), mesin genset, mesin cutting, mesin bor, mesin, las, gurinda, dan lain-lain.

Kabid Agro DPESDM Ujang Zulkifli mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk membangun koordinasi dan sinkronisasi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi antara pemberi bantuan dan penerima bantuan. Kemudian supaya para penerima bantuan menyiapkan sarana dan prasarana penunjang,” terang Ujang Zul.

Ia menjelaskan, sarana dan prasarana penunjang yang dimaksud, antara lain coran semen untuk penempatan mesin tempa. Selain itu, mesin tempa juga membutuhkan tegangan listrik di atas 1000 watt.

“Jadi ketika kita sampaikan ini, mereka sudah siapkan sarana penunjang mesin yang akan diterimanya nanti. Selanjutnya mereka harus membangun komitmen, siap menerima, siap memanfaatkan, siap memelihara, dan siap mengganti jika hilang,” jelasnya.

“Kemudian mereka harus siap berbagi sedekah dari hasil produksinya. Sedekah tersebut dikelola oleh kelompok, gunanya untuk mengembangkan daerahnya masing-masing. Misalnya ada IKM yang membutuhkan mesin, karena tidak semua dapat bantuan mereka harus siap memberikan bantuan dari hasil pengumpulan dana sedekah tersebut,” pungkas Ujang Zul.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close