AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatanParlemenPemerintahan

Presiden Minta Harga Tes PCR Turun, Forkopimda Kabupaten Sukabumi Mendukung

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meminta harga layanan tes Swab PCR diturunkan menjadi berkisar Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu.

Menanggapi hal itu Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, angka yang disampaikan oleh Presiden merupakan angka realistis yang harus terjawab oleh perangkat daerah terkait.

“Ini yang harus terjawab. Ketika kemarin harus mahal itu kenapa?, apakah karena alat tidak ada atau harus dibawa ke Bandung misalnya, atau kondisi kondisi yang lain?,” tanya Marwan, Rabu (18/8/21).

Ia menjelaskan, tes Swab PCR saat ini telah tersedia di RSUD Palabuhanratu, RSUD Sekarwangi, hingga Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Penerapan harga sesuai yang diinginkan Joko Widodo, kata Marwan, paling memungkinkan diterapkan di fasilitas kesehatan milik Pemda, bukan swasta.

“Kalau yang di swasta kan mereka bukan dalam kewenangan Pemda. Bukan tanggung jawab penuh Pemda, tapi secara kontribusi memang harus diawasi juga. Terbatas pengawasannya lah,” ujarnya.

“Intinya, hasil tes Swab PCR selain harus murah juga harus cepat. 1×24 jam harus sudah ada hasilnya,” tandasnya.

Senada dengan Marwan, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menegaskan, menyambut baik permintaan Presiden.

“Perlu ada surat resmi dari Presiden melalui kementrian untuk bisa ditembuskan ke DPRD maupun ke Pemda,” terangnya.

Surat tersebut dibutuhkan, menurut Yudha, untuk monitoring harga yang ditetapkan oleh pemerintah. Dan jika ada harga yang melebihi ketentuan, Yudha menilai, perlu segera dilakukan tindakan.

Petunjuk pelaksanaan dan teknisnya perlu disampaikan kepada kami, supaya nanti bisa jadi kekuatan hukum untuk melakukan monitoring dan tindakan di lapangan. Prinsipnya kami menyambut sangat baik rencana ink. Sebab pasti akan membantu masyarakat yang ingin melakukan tes Swab PCR,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close