Kabupaten SukabumiPariwisata

Perda Nomor 15/2023 Diberlakukan, Tarif Masuk Geyser Cisolok Disesuaikan

Sukabuminow.com || Perubahan harga tiket masuk terjadi di kawasan wisata Geyser Cisolok Ciletuh-Palabuhunaratu Unesco Global Geopark (CPUGG). Hal itu diungkapkan Koordinator Geyser Cisolok, Feby.

Ia mengatakan, perubahan itu terjadi sejak 1 Januari 2024 lalu. Sebelumnya, harga tiket masuk Geyser Cisolok 5.000 rupiah per orang. Namun kini, terdapat perbedaan harga tiket anak-anak dan dewasa.

Baca Juga :

“Tiket masuk dewasa 12.000 rupiah per orang. Sedangkan anak-anak 7.000 rupiah per orang. Itu sudah termasuk premi asuransi,” terangnya, Minggu (28/1/24).

Feby menjelaskan, penyesuaian tarif masuk Geyser Cisolok itu sesuai dengan Peraturan Daerah No. 15 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah yang mulai berlaku 1 Januari 2024 lalu.

“Perda itu sudah berlaku, kemudian ketentuannya sudah kita jalankan di lapangan. Sejauh ini tidak ada komplain dari pengunjung karena aturannya kita pampang juga. Sehingga mereka bisa membacanya sendiri,” jelasnya.

“Kami berikan pemahaman dan sosialisasi terkait hal ini. Yang pasti, kami sudah jalankan sesuai Perda tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, kolam rendam yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, juga dipastikan menjadi berbayar dari sebelumnya bebas biaya. Pengunjung wajib membayar 12.000 rupiah lagi per orang. Hal itu berlaku juga untuk anak-anak yang wajib membayar 7.000 rupiah per orang.

“Di dalam area kolam rendam juga ada bumi perkemahan. Pengunjung yang ingin menikmati berkembah di bumi perkemahan yang kami siapkan harus membayar biaya tambahan sebesar 12.000 rupiah per orang,” tegasnya.

“Perda ini merupakan produk hukum yang wajib kami jalankan. Jadi, kami siap bekerja maksimal untuk mengimplementasikan Perda tersebut di lapangan,” pungkasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button