AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatanPemerintahan

Pembangunan Kesehatan Tentukan Indeks Pengembangan Manusia

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Sektor kesehatan menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, dalam pembukaan Diseminasi Pelaksanaan Program United States Agency for International Development (USAID) Madani Tahun 2020-2024 di Hotel Horison, Rabu (1/7/20).

“Keberhasilan pembangunan kesehatan akan menentukan Human Development Indeks (HDI). Selain itu, keberhasilan pembangunan sektor kesehatan bersama dengan sektor pendidikan akan memicu peningkatan sosial ekonomi masyarakat,” tutur Iyos dalam kesempatan itu.

Diseminasi tersebut merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan USAID Madani untuk memajukan sektor kesehatan. Termasuk memudahkan akses pelayanan bermutu yang sesuai harapan masyarakat.

“Kami tidak mungkin hanya mengandalkan kapasitas internal yang dimiliki. Penerapan sebuah kebijakan dan pelaksanaan program itu harus ada influence dari pihak luar,” terangnya.

“Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, serta penanganan stunting masih menjadi fokus kami di sektor kesehatan. Yang lain juga masuk prioritas, apalagi Covid-19,” sambungnya.

Di tempat sama, Koordinator Program Madani Kabupaten Sukabumi, Dian Anggraeni, mengungkapkan, program Madani difokuskan untuk penguatan kapasitas Organisasi Masyarakat Sipil (OMS).

“Kami ingin menciptakan penguatan sisi pelayanan publik. Termasuk meningkatkan lingkungan kondusif untuk pengembangan yang toleransi,” jelasnya.

“Program ini merupakan inisiatif dan kerja sama bilateral dari Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat melalui USAID,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close