Kabupaten Sukabumi

Pelayanan PDAM Kurang Optimal, Warga Kecewa

Sukabuminow.com || Hampir 2 pekan lamanya aliran air PDAM Tirta Jaya Mandiri tidak optimal mengalir ke rumah warga di Kampung Kuta Mekar RT 01/10, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Bahkan, aliran air mati total selama 24 jam dalam 11 hari terakhir.

Andriansyah, kepada Sukabuminow, Senin (14/1/19), mengatakan dirinya telah mendatangi kantor PDAM Tirta Jaya Mandiri di Gunung Butak, Desa Citepus, untuk menanyakan hal tersebut.

“Hanya janji akan diperbaiki. Tapi sampai saat ini tidak ada jawaban,” tutur Andri dengan nada kesal.

Untuk mencukupi kebutuhan air, Andri dan warga lainnya mengandalkan air dari sumur milik tetangga. Bahkan, banyak warga yang memanfaatkan air hujan.

“Kami harap segera diperbaiki. Dan pasokan air kembali lancar,” tandasnya.

Baca Juga  :

Sementara itu, Acu Mulyana, Bagian Pelaksana Administrasi Umum PDAM TJM, saat dihubungi Sukabuminow melalui sambungan telepon seluler, menjelaskan terhambatanya pasokan air itu disebabkan kerusakan pompa. Hal itu diperparah dengan perbaikan yang harus dilakukan di kantor pusat.

“PDAM biasa mengolah air dengan kapasitas 73 liter per detik. Akibat salah satu pompa rusak, kami hanya bisa mengolah air sebanyak 63 liter per detik. Hilangnya sampai 10 liter. Itu yang jadi masalah,” beber Acu.

Akibatnya, pasokan air PDAM TJM ke lokasi yang lebih tinggi menjadi berkurang karena ketiadaan pompa yang mendorong air tersebut naik.

“Kami terus berupaya untuk mengatasi masalah ini. Hari Jumat kemarin sudah ada perubahan. Air sudah bisa menjangkau daerah yang agak tinggi. Meski belum bisa mengisi toren yang letaknya memang lebih tinggi,” pungkasnya. (Yadi)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close