AdvertorialKabupaten SukabumiSeni Dan Budaya

Pasanggiri Jaipongan Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi

ads

Sukabuminow.com II Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-149. Dimeriahkan dengan Lomba Pasanggiri Jaipongan. Di Lapang Cangehgar. Palabuhanratu. Kamis (12/9/19).

“Pesertanya 40 grup. Totalnya 170 orang. Dari seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi,” ungkap Kepala Bidang Kebudayaan. Pada Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sukabumi : Yanti Irianti.

Yanti menyebut. Kegiatan tersebut. Untuk menjaga dan melestarikan kesenian daerah. Serta memberikan ruang. Bagi seniman. Untuk terus memacu kreativitasi. Sehingga menciptakan karya seni bernilai tinggi.

Baca Juga :

“Kami ingin mengenalkan lebih jauh. Kesenian daerah. Khsusnya Jaipongan ini. Kepada generasi muda,” urainya.

Di tempat sama. Bupati Sukabumi : Marwan Hamami. Mengapresiasi Lomba Pasanggiri Jaipongan tersebut. Tak hanya itu. Marwan juga tampak menikmati pemandangan perlombaan lain. Yakni menghias makanan tradisional : kue dan tumpeng. Yang diikuti para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga : PKK. Tiap kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

“Jangan sampai punah. Terus kembangkan. Dan suguhkan kepada masyarakat. Dengan tampilan lebih modern. Era globalisasi ini. Semuanya dituntut. Untuk mampu bersaing,” tegasnya.

“Perkenalkan kesenian daerah dan makanan tradisonal. Kepada generasi muda. Karena ditangan mereka itu. Semuanya akan dilestarikan. Dan diwariskan turun temurun,” tandasnya. (Diana NH)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close