BisnisKabupaten Sukabumi

Cara Asik DPESDM Kenalkan Kopi Khas Sukabumi

Sukabuminow.com II Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sukabumi. Tak pernah lelah. Mengenalkan aneka unggulan daerah. Kepada khalayak. Yang terbaru. Organisasi Perangkat Daerah : OPD. Yang dipimpin Aam Ammar Halim tersebut. Mengenalkan Kopi Sukabumi. Melalui 1000 cup kopi gratis. Untuk masyarakat.

“Masyarakat Kabupaten Sukabumi. Masih banyak yang belum tahu Kopi Sukabumi. Selama ini yang terkenal itu. Kopi premium dari Sulawesi. Sumatera. Dan Bali. Padahal Kabupaten Sukabumi juga punya kopi khas sendiri. Rasanya tak kalah. Dengan kopi dari daerah lain,” ungkap Kepala Bidang Industri Agro DPESDM Kabupaten Sukabumi : Yana Chefiana. Kamis (12/9/19).

Arena Pekan Raya Sukabumi : PRS ke-4 tahun 2019. Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-149. Dimanfaatkan DPESDM. Untuk mengenalkan Kopi Sukabumi. Dan berbagai hal lainnya. Khas Sukabumi. Dalam hal ini. Yang menjadi kebanggaan Industri Kecil dan Menengah : IKM Kabupaten Sukabumi.

“Untuk kopi sendiri. Sudah banyak kebunnya di Kabupaten Sukabumi. Ada sekitar 450 hektare kebun kopi. Tersebar di Halimun Salak Kadudampit. Cireunghas. Gegerbitung. Nyalindung. Dan Jampang Tengah,” bebernya.

Baca Juga :

Yana menjelaskan. Saat ini. Banyak kedai kopi di Kabupaten dan Kota Sukabumi. Yang menyediakan kopi presmiaum. Namun tidak ada. Yang menggunakan bahan baku. Kopi khas Sukabumi.

“Mungkin belum cukup dikenal. Terutama oleh para Barista (peracik kopi). Padahal kualitasnya tak kalah. Rasa kopi premium khas Sukabumi. Dapat bersaing. Harganya juga terjangkau. Karena ada gradenya. Kopi low grade. Dapat dinikmati mulai harga  Rp3 ribu hingga Rp5 ribu per gelasnya. Terjangkau,” urainya.

Dalam kegiatan mengenalkan Kopi Khas Sukabumi. Kepada masyarakat. Dalam PRS ke-4 tahun 2019. DPESDM Kabupaten Sukabumi. Menggandeng Pirro Kopi. Khas Gunung Halimun. Dengan owner : Sri Fitriyani. Dan gula semut : Abah Main dari Cisolok. Ia meyakini. Masyarakat Kabupaten Sukabumi. Akan ketagihan. Dengan rasa khas Kopi Sukabumi.

“Kami akan menginisiasi hal baru. Dengan mengjak para pengrajin. Dan kelompok tani kopi. Untuk membuat kopi premium kemasan sachet. Itu bisa dijual oleh reseller. Ataupun tukang kopi keliling. Seharga Rp3 ribu hingga Rp5 ribu saja. Kami juga akan menggelar event ngopi gratis. Di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi. Bandung. Hingga Jakarta,” tutupnya. (Yadi)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close