Kabupaten SukabumiPeristiwa

Olah TKP Ledakan Tabung Gas di Cibadak, Ini Temuan Polisi

Sukabuminow.com || Satreskrim Polres Sukabumi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus meledaknya dua tabung gas Compressed Natural Gas (CNG) di Cibadak, Senin (27/11/23).

Saat kejadian, tabung tersebut tengah diangkut menggunakan truk bernomor polisi B 9496 SYX dan melintas di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Kampung Lodaya I Desa Karangtengah. Akibat peristiwa itu, dua orang meninggal dunia dan sejumlah orang mengalami luka-luka.

Baca Juga :

“Kami telah melakukan olah TKP tadi malam. Kita lihat beberapa rumah rusak yang atapnya hancur karena adanya tekanan (ledakan) gas yang keluar,” terang Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, Selasa (28/11/23).

Olah TKP berlangsung sejak pukul 11.00 malam hingga 12.15 dini hari. Dugaan sementara, ledakan dipicu oleh salah satu peralatan yang menempel pada tabung gas tersebut.

“Dugaan sementara adanya patahan cylinder valve gas yang tertempel di tabung tersebut. Untuk penyebab patahan masih kita dalami karena mobil dalam keadaan macet dan berhenti. Kalau dibilang adanya guncangan tidak ditemukan guncangan. Jadi masih kita dalami apa penyebab patahnya,” jelasnya.

Ali membenarkan ada dua tabung gas yang meledak akibat kejadian itu. Kedua tabung itu bahkan terpental saat kejadian.

“Satu (tabung) malam tadi sudah ditemukan, satu lagi masih dalam pencarian. Kami menyisir dari kebun dhingga sungai masih belum ditemukan. Jadi truk ini memuat satu truk isi 20 tabung. Yang 18 masih di kendaraan, satu di sungai, dan satu lagi belum kita temukan,” ungkapnya.

“Truk, tabung, dan besi yang tersambung, kita amankan. Termasuk sopir kita mintai keterangan. Pengakuannya dia sendirian saat mengendarai truk,” sambung Ali.

Tersiar kabar, tabung gas dalam keadaan kadaluarsa saat dibawa oleh truk. Namun Ali menampik hal itu. “Keterangan tim teknis expirednya 2030, kita cek dulu,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban meninggal dunia di antaranya Uwoh Abduloh, pengendara motor Yamaha Xride nernomor polisi F 3286 UBJ. Korban mengalami luka sobek terbuka di perut dan patah tangan kanan. Satu korban meninggal lainnya yakni Heni Handayani, penumpang mobil Avanza bernomor polisi F 1283 QZ yang mengalami luka sobek pada bagian perut dan patah tangan kanan.

Sementara untuk korban luka antara lain :

Ai Irmawati, pengendara motor Beat nernomor polisi F 6208 UBM yang mengalami luka lecet tangan kanan dan muka;

Endih Supriadi mengalami luka di bagian telinga;

Deni Cahyadi, penumpang mobil Suzuki Vitara bernomor polisi B 1983 DZ yang mengalami luka sobek di kedua kaki;

Sovia, penumpang mobil Avanza bernomor polisi F 1283 QZ yang mengalami lecet di pinggul; (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button