AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Mandiri Pangan, Cicantayan Panen Raya

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Rasa syukur diperlihatkan Kelompok Tani (Poktan) Mandiri di Desa/Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, bulan April ini, mereka memasuki masa panen padi sawah.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Cicantayan, Yaya Sukarya, mengatakan, panen raya padi sawah di Cicantayan tersebut berada di Blok Sawahlega, Desa Cicantayan.

FORKOPIMCAM dipimpin Camat Cicantayan, Sendi Apriadi, hadir dalam panen raya. Foto : Ist

“Total ada 80 hektare lahan persawahan di blok ini. Panen raya hari ini dilakukan di 20 hektare sawah,” terangnya kepada Sukabuminow.com, Kamis (16/4/20).

Yaya menjelaskan, hasil panen kali ini terbilang sangat memuaskan. Tak kurang dari 11,68 ton padi dihasilkan dari setiap hektare-nya.

“Alhamdulillah sangat memuaskan. Hal ini tidak lepas dari peran para petani yang sudah menggunakan teknologi tepat guna dalam budidaya. Pembinaan rutin juga kami lakukan. Ini adalah hasil kerja sama yang baik antara kami selaku penyuluh pertanian dengan para petani,” jelasnya.

Salah satu petani, Oma, menegaskan bahwa hasil panen tahun ini lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dirinya tidak menyangka mendapatkan hasil tersebut, mengingat banyak kendala di masa tanam.

“Irigasi belum maksimal, minimnya sarana produksi dan panen jadi kendala kami. Kami butuh seperti mesin rontog dan sebagainya. Semoga segera ada solusi untuk permasalahan kami ini,” tandasnya.

Di tempat sama, Camat Cicantayan, Sendi Apriadi, mengapresiasi hasil yang didapat Poktan Mandiri dalam panen raya kali ini. Ia menyebut, petani sebagai garda terdepan pejuang pangan serta harus diperhatikan serius, khususnya dalam menghadapi wabah Covid-19 yang saat ini melanda.

“Mereka memang tidak berhadapan langsung dengan Covid-19. Tapi harus diperhatikan dampaknya untuk mereka. Setelah panen ini, mereka akan segera memulai masa tanam lagi. Kesediaan pupuk, bibit padi, dan obat-obatan untuk pertanian harus diperhatikan. Sebab melalui hasil kerja merekalah, kebutuhan pangan kita tercukupi,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close