AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Lomba Perpustakaan Tingkat Jawa Barat Masuki Tahap Penentuan Juara

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Perpustakaan Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, terpilih mewakili Kabupaten Sukabumi dalam Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. Sebelumnya, Perpustakaan Desa Sukaraja menjadi juara dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengatakan, perpustakaan merupakan wahana pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ia menjelaskan, Internasional Federation of Library Asosiation and Institutions (IFLA), telah menyatakan bahwa perpustakaan berperan dalam mendukung seluruh tujuan pembangunan berkelanjutan.

PLT Kepala Dinas Arpus Kabupaten Sukabumi, Eman, menerima buku secara simbolis dari Bunda Literasi Jabar, Atalia Ridwan Kamil. Foto : Ist

“Pemanfaatan perpustakaan perlu terus distimulan untuk membuat perpustakaan menjadi representatif. Dalam rangka optimalisasi perpustakaan desa, saya mendorong seluruh perangkat daerah untuk memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap pengembangan perpustakaan desa di seluruh wilayah kabupaten Sukabumi,” tutur Marwan, usai kegiatan di Kantor Kepala Desa Sukaraja, Jumat (3/7/20).

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah (Diarpus) Kabupaten Sukabumi, Eman, menegaskan, penilaian Perpustakaan Desa Sukaraja dalam Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat 2020 berjalan sukses.

“Hari ini kita sudah masuk 3 besar bersama Kabupaten Bandung dan Kabupaten Kuningan. Kami sangat berharap, Perpustakaan Desa Sukaraja menjadi juara 1, dan melaju ke lomba tingkat nasional,” ujarnya.

Lomba tersebut, lanjut Eman, diharapkan menjadi motivasi bagi perpustakaan desa lainya. Sekaligus menjadi role model dalam standarisasi perpustakaan desa yang bermutu dan berkualitas.

“Perpustakaan desa yang lain harus mengikuti jejak perpustakaan Desa Sukaraja. Kualitas dan kuantitas harus ditingkatkan. Sehingga minat baca masyarakat meningkat,” jelasnya.

Selain itu, Eman berharap, terjadi peningkatan pengelolaan administrasi perpustakaan, peningkatan kolaborasi dengan stake holder seperti dengan perangkat daerah yang terkait dan dunia usaha dengan CSR-nya.

“Nantinya bukan hanya minat baca saja yang meningkat. Tapi juga litetasi pada buku-buku seperti buku bimbingan pertanian dan peternakan dapat diaplikasikan menjadi salah satu produk, sehingga hasilnya dapat menjadi nilai ekonomi,” bebernya.

“Alhamdulilah, support dari pak bupati juga sangat bagus. Dukungan dari bunda Litetasi Kabupaten Sukabumi dan Bunda Literasi Jawa Barat juga mengalir,” tandasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat, Ahmad Hadadi, Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, dan Bunda Literasi Kabupaten Sukabumi, Yani Jatnika Marwan.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close