AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

KKP Targetkan Kabupaten Sukabumi Jadi Demplot Tambak Udang

Reporter : Bimbim

Sukabuminow.com || Tambak udang di Kabupaten Sukabumi mendapat perhatian dari Direktorat Jendral Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Sebagai bukti keseriusan, Direktur pada Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Slamet Soebjakto, mengunjungi Kabupaten Sukabumi, Rabu (3/6/20).

Kunjungan kerja tersebut diterima Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, di Aula Gedung Negara Pendopo Sukabumi.

“Pak direktur ingin mengidentifikasi lokasi model kluster tambak udang di Kabupaten Sukabumi,” ungkap Marwan.

Marwan mengatakan, selain mengidentifikasi lokasi model kluster tambak udang, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI juga akan mencari wilayah pengembangan budidaya udang yang berkelanjutan.

“Kami merekomendasikan Ciemas. Sebab lokasi tersebut sangat cocok untuk tambak undang berkelanjutan. Aturan dan tata ruangnya sudah ada. Ciemas memang area pertambakan,” ujarnya.

Marwan menegaskan, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, tengah menjajaki rencana menjadikan Kabupaten Sukabumi sebagai demplot tambak udang.

“Di Indonesia baru ada empat demplot tambak udang. Kabupaten Sukabumi bersiap menjadi yang kelima,” bebernya.

Pembangunan demplot tambak udang merupakan program Presiden Joko Widodo, untuk meningkatkan ekspor udang menjadi 250 persen di tahun 2024. Sebab udang memiliki nilai ekspor tertinggi, selain ikan tuna.

“Indonesia merupakan penghasil udang nomor 2 terbesar di dunia setelah India. Kami ingin memanfaatkan itu,” timpal Slamet Soebjakto.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close