AdvertorialBisnisKabupaten SukabumiPemerintahan

Kemenperin RI Bantu IKM Kabsi

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pakaian Jadi binaan Bidang Non Agro Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, mendapatkan bantuan mesin produksi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Bantuan tersebut berupa 25 mesin produksi yang merupakan program Kemenperin RI melalui DPESDM Kabupaten Sukabumi. Diberikan kepada delapan kelompok IKM Pakaian Jadi setelah mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) di Aula Hotel Augusta Cikukulu, Kecamatan Cicantayan, 15 hingga 18 Juli 2020.

Bimtek tersebut terselenggara atas kerja sama DPESDM Kabupaten Sukabumi bersama Direktorat Jenderal Industri, Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) dan Direktorat IKM Kimia, Sandang, Kerajian, dan lndustri Aneka Kemenperin RI.

Bimtek dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, tes suhu, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan ini diikuti 20 peserta dari delapan kelompok IKM Pakaian Jadi yang berasal dari tujuh Kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Peserta mendapat materi pemilihan bahan baku, teknik pemotongan, hingga desain atau model.

Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim, berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan usahanya.

“Pesan saya barang yang sudah dibelikan tidak boleh dipindahtangankan karena itu aset pemerintah. Dan saya juga berharap, bagi mereka yang terdampak Covid-19, dapat tertolong dengan adanya bantuan dari pemerintah ini, sehingga produksi IKM tetap berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan taraf kehidupan ekonomi mereka,” tutur Aam, Sabtu (18/7/20).

Adapun mesin yang diberikan berupa mesin jahit jarum satu sebanyak tujuh unit, mesin jahit pasang kancing sebanyak empat unit, mesin obras neci sebanyak satu unit, mesin lobang kancing sebanyak empat unit, mesin jahit jarum tiga sebanyak dua unit, dan mesin obras lima benang sebanyak tujuh unit.

Selain IKM Pakaian Jadi, Ditjen IKMA Kemenperin RI juga memberikan fasilitasi mesin dan peralatan kepada para pelaku IKM Logam khususnya yang tergabung dalam KUB Sejahtera Logam Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara online untuk menghindari potensi penyebaran Covid-19.

Direktur Industri Kecil dan Mengengah (IKM) Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Endang Suwartini, mengatakan, fasilitasi mesin dan peralatan yang diberikan kepada IKM Logam Kabupaten Sukabumi berupa set mesin powder coating.

“Semoga mesin powder coating dapat meningkatan kuantitas dan kualitas produk logam terutama pada tahap finishing,” ujarnya.

Untuk mengoptimalkan fasilitasi tersebut, Kemenperin RI juga melakukan pendampingan untuk operasional mesin. Sehingga para pelaku IKM Logam dapat lebih mengerti.

“Kami berharap, fasilitasi dan powder coating ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Sehingga produksi dan kualitas logam KUB Sejahtera Logam dapat meningkat,” tandasnya.

Editor : Andra Permana ||E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close