AdvertorialKabupaten SukabumiPariwisataPemerintahan

Ke Gegerbitung, Bupati Sukabumi Terpukau Alam Ciengang

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, mendapatkan apresiasi positif dari Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, terkait banyaknya potensi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Hal itu dilontarkan Marwan, dalam kegiatan Syukuran 150 tahun Kabupaten Sukabumi oleh masyarakat Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, di Komplek Masjid Baiturrahman, Minggu (13/9/20).

Camat Gegerbitung, Yanti Budiningsih, mengatakan, salah satu spot wisata yang ada di Gegerbitung, yakni kehadiran Masjid Baiturrahman. Sejauh ini, masjid di atas bukit itu menjadi magnet bagi para wisatawan. Tak heran, mengingat wisata yang termasuk dalam kategori wisata religi itu didukung juga oleh keindahan alam Gegerbitung yang membentang.

BUPATI Sukabumi, Marwan Hamami, menyerahkan potongan tumpeng kepada Camat Gegerbitung, Yanti Budiningsih, dalam syukuran Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi tingkat Kecamatan Gegerbitung. Foto : Sukabuminow

“Alhamdulillah, kehadiran Masjid Baiturrahman yang ada di puncak bukit sangat menarik animo masyarakat. Kita akan bekerja sama dengan pemilik masjid untuk lebih mengembangkannya lagi. Sehingga menjadi spot wisata religi favorit. Kami juga akan menata tiga desa di sekitar Masjid Baiturrahman, yakni Desa Ciengang dengan potensi wisata alamnya, Caringin dengan potensi handy craft dan minapadi, serta Sukamanah dengan potensi agrowisata,” terang mantan Camat Cikakak itu.

PENJABAT Sekda Kabupaten Sukabumi, Zainul S. (Kaos putih), melepaskan ikan ke danau di area Masjid Baiturrahman, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung. Foto : Sukabuminow

Selain itu, di area masjid seluas 10 ribu hektare itu terdapat beberapa spot lain. Seperti Pameungpeuk Park, Puncak Peuyeum, dan danau yang terletak persis di bawah Masjid Baiturrahman.

“Kedepan kami akan mengadakan festival memancing tahunan di danau ini. In Syaa Allah, akan lebih dikembangkan lagi nantinya,” ujarnya.

Di tempat sama , Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menegaskan, dirinya mendapat banyak inspirasi yang di tempat tersebut. Sektor pariwisata menjadi Ilham baginya, mengingat keasrian Gegerbitung masih tampak terlihat.

“Daerah ini ideal. Tanahnya minim bebatuan. Kalau dijadikan tempat atraksi otomotif untuk mendukung pariwisata, pasti ramai. Wilayahnya berbukit, bisa dijadikan track downhill hingga offroad,” ucapnya.

Ia juga mendorong masyarakat agar mulai berinovasi untuk mengembangkan produk dan suvenir, kuliner, dan hal produktif lainnya untuk meningkatkan penghasilan. Mengingat potensi Gegerbitung, khususnya Ciengang, diprediksi akan melesat dalam beberapa tahun kedepan.

“Promosinya bisa memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan tempat wisata. Generasi muda perlu diberi ruang dan didorong kreativitasnya, sehingga pemberdayaan potensi yang ada bisa lebih maksimal,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close