AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatan

HKN, Lapang Cangehgar Palabuhanratu Dipadati Warga

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan, tumpah ruah di Lapang Cangehgar, Palabuhanratu mengikuti jalan sehat, memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 tahun 2019 tingkat Kabupaten Sukabumi. Sabtu (30/11/19).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman, mengatakan, rangkaian HKN telah dilakukan sejak 1 November lalu. Sementara puncak HKN Ke-55, berupa upacara seremonial akan digelar di Lapang Cangehgar, Palabuhanratu, Minggu 1 Desember esok.

“Banyak kegiatan yang kita hadirkan. Disesuaikan dengan tema Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Kita melibatkan seluruh pegawai di bidang kesehatan. Mulai dari Dinkes, rumah sakit, Puskesmas, dan klinik kesehatan,” tutur Andi.

Baca Juga :

HKN tingkat Kabupaten Sukabumi, lebih menekankan pada sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Stunting (gangguan pertumbuhan). Hal itu terus dikampanyekan, mengingat kedua poin tersebut telah menjadi perhatian pemerintah daerah.

“Stunting dan Germas terus dikampanyekan dalam setiap kegiatan. Kita ingin semua masyarakat tahu bagaimana PHBS dan cara terhindar dari Stunting pada anak,” ujarnya.

Selain jalan sehat, HKN Ke-55 tingkat Kabupaten Sukabumi, juga diwarnai senam bersama, gebyar Germas, pelayanan pemerikasaan gratis, smoke analyzer, donor darah, dan pembuatan akte kelahiran.

Di tempat sama, Bupati Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami, menegaskan, para petugas kesehatan harus mampu mengintervensi Stunting dan Germas di lingkungannya. Sehingga, Stunting terutama, dapat diminimalisir.

“Jangan ada lagi Stunting. Itu bisa dicegah dengan intervensi kader kesehatan kepada bayi-bayi yang baru lahir. Makanan bergizi harus diberikan di seribu hari pertama sejak mereka lahir,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close