Uncategorized

GKT Timba Ilmu di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Sukabuminow.com || Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu kembali menjadi tempat menimba ilmu bagi salah satu geopark di Sumatera. Setelah Geopark Sijunjung Sumatera Barat, Rabu (21/11/18), giliran GKT (Geopark Kaldera Toba) yang bertemu dengan Badan Pengelola UGG Ciletuh-Palabuhanratu.

“Kunjungan ini dalam rangka persiapan kami menuju status UGG. Bulan Agustus lalu tim asesor Unesco sudah meninjau langsung dan bulan April nanti akan diumumkan,” ungkap Unggul Sitanggang, Sekretaris Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba saat ditemui di Gedung GIC Citepus Palabuhanratu, Rabu (21/11/18).

Unggul menegaskan, status UGG bagi GKT hanya tinggal menunggu waktu. Sebab pemenuhan rekomendasi yang sudah disampaikan oleh Unesco sebelumnya telah dilakukan.

“Seluruh yang kurang sudah kami lengkapi sesuai rekomendasi Unesco. Kami punya 16 geosite yang siap ‘didagangkan’ kepada wisatawan,” paparnya.

Dana Budiman menerima cinderamata dari Badan Pengelola GKT. Foto : Sukabuminow

Geopark Kaldera Toba dikelola langsung oleh Badan Pengelola Provinsi Sumatera Utara. Meliputi tujuh kabupaten, di antaranya Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Somosir, Kabupaten Humbanghasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi.

“Dari 16 geosite, tentu saja Danau Toba dengan luas 100 kali 30 kilometer sebagai pemersatu. Kami mendapat ilmu dari kunjungan ini. Pasti akan ada yang kami adopsi untuk diimplementasikan di GKT,” bebernya.

Baca Juga :

Dana Budiman, General Manager Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, mengaku sangat mendukung GKT menjadi bagian UGG. Kepada rombongan, ia tak segan berbagi ilmu dan pengalaman yang didapat selama memperjuangkan Ciletuh-Palabuhanratu hingga seperti sekarang ini.

“Peran kepala daerah juga sangat diperlukan dalam mendorong geopark diakui Unesco. Seperti pak bupati (Marwan Hamami) yang terlibat langsung dalam suksesi Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Saya yakin, GKT akan lebih maju diasa depan,” tandas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi itu. (Ridwan HMS/Rado)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close