AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatanPemerintahan

Gelar Rakorsus Virtual, Mendagri Bahas Inpres Covid-19

Reporter : Mulya H

Sukabuminow.com || Pemerintah Pusat telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Selasa (4/8/20). Hal itu sebagai respon dari masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia.

Dalam Inpres itu, Presiden Jokowi memerintahkan seluruh gubernur, bupati/wali kota, untuk menyusun dan menetapkan peraturan pencegahan Covid-19. Peraturan tersebut nantinya wajib memuat sanksi terhadap pelanggaran penerapan protokol kesehatan.

Adapun sanksi tersebut berlaku bagi pelanggaran yang dilakukan perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum. Sanksi dapat berupa teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif, hingga penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Inpres tersebut dibahas secara luas bersama para kepala daerah se-Indonesia oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, melalui Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) melalui Video Conference (VC), Kamis (13/8/20).

“Inpres ini sebagai payung hukum pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran pandemi Corona,” jelas mantan Kapolri tersebut dalam VC.

Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono, mewakili Pemkab Sukabumi dalam Rakorsus tersebut. Ia mengatakan, Rakorsus tersebut merupakan arahan agar semua pihak terlibat dalam pencegahan Covid-19. Serta untuk meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan sebagai wujud adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Tadi dibahas strategi pencegahan penyebaran Covid-19 di semua jenjang pemerintah. Di Kabupaten Sukabumi sosialisasi terus dilakukan. Mulai dari penggunaan masker, jaga jarak, dan pembiasaan mencuci tangan dengan melibatkan berbagai unsur,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close