Kabupaten SukabumiPeristiwa

Cari Korban Tenggelam, Basarnas Gunakan Aqua Eye

Sukabuminow.com || Dua bocah delapan tahun hanyut dan tenggelam di Leuwi Jujung Sungai Cimandiri. Peristiwa itu terjadi di Kampung Tegal Datar, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/5/23) sore.

Koordinator Pos SAR Basarnas Sukabumi, Suryo Adianto menyebutkan, keduanya berinisial NI dan ALZ. Saat kejadian, korban mandi bersama tiga orang rekannya. Korban diduga terseret arus bawah sungai.

“Satu korban berinisial ALZ ditemukan sekitar pukul 4.15 sore tadi. 100 meter dari lokasi kejadian, meninggal dunia,” terang Suryo dalam keterangannya, Sabtu (20/5/23).

Suryo menjelaskan, pencarian dibagi menjadi dua area pencarian. Tim pertama melakukan pencarian menggunakan perahu karet di sepanjang aliran Sungai Cimandiri hingga radius 3 kilometer dari lokasi kejadian.

“Tim kedua melakukan penyisiran secara visual melalui jalur darat di sepanjang bantaran Sungai Cimandiri hingga radius 2 kilometer dari lokasi kejadian,” terangnya.

Selain menggunakan perahu karet, tim SAR gabungan pun menggunakan alat pendeteksi objek di bawah permukaan yang disebut Aqua Eye.

“Aqua Eye ini alat portabel yang difungsikan sebagai pendeteksi utama korban tenggelam di dalam sungai. Bentuk alat ini seperti sapu mini yang memiliki gagang serta sensor sonar pada ujung alat tersebut,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button