Kabupaten SukabumiPemerintahan

Buang Sampah Sembarangan, Siap-siap Diciduk Satgas BESTARI

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Puluhan orang terjaring Tim Satuan Tugas Gerakan Sukabumi Bersih, Tertib, dan Asri (BESTARI) akibat membuang sampah secara liar alias tidak pada tempatnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, mengatakan, total 10 orang terjaring dalam operasi yustisi yang digelar Satgas BESTARI di jalur Jalan Baru Sukaraja, Kampung Cimahpar, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Selasa (19/1/21).

“Operasi yustisi ini kami gelar sesuai dengan Perbup No 81 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Kebersihan Melalui Gerakan Sukabumi Bersih, Tertib dan Asri (BESTARI). Salah satunya adalah pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran pengelolaan sampah,” tutur Denis kepada Sukabuminow.com.

Ke-10 orang yang terjaring tersebut, yakni AOD, S, dan AHD, warga Sukaraja; CMA, AW, dan AS, warga Cireunghas; IA, warga Baros; AS dan AR warga Kebonpedes; serta DS, warga Cibeureum;

“Mereka kami berikan pengarahan dan edukasi oleh Tim Satgas BESTARI yang terdiri dari DLH Kabupaten Sukabumi, Satpol PP Kabupaten Sukabumi, dan unsur Kecamatan Sukaraja, untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan,” jelas Denis.

Selanjutnya, kata Denis, ke-10 orang tersebut menandatangani surat pernyataan berisi dua poin di atas materai. Adapun pernyataan di dalamnya yakni, Tidak akan membuang sampah sembarangan diluar TPSS yang telah ditentukan/disediakan; dan Bersedia untuk menerima sanksi pidana atau denda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Semoga kesadaran masyarakat terkait buang sampah pada tempatnya dapat tumbuh. Sehingga Gerakan Sukabumi BESTARI ini dapat terwujud di tengah masyarakat,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close