Kabupaten Sukabumi

Angin Segar bagi APRI, Budiman Sudjatmiko Siap Perjuangkan Payung Hukum Penambang Rakyat

Sukabuminow.com || Tokoh nasional, Budiman Sudjatmiko, siap menggandeng Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) melalui Koperasi Mineral dan Pengolahan Nusantara (Komandan) untuk lebih maju.

Penggagas Bukit Algoritma di Cikidang, Kabupaten Sukabumi itu mengatakan, Bukit Algoritma yang akan dibangun, nantinya memiliki fungsi untuk memfasilitasi semua potensi bangsa yang mempunyai gagasan-gagasan inovatif.

“Nah yang kita kumpulkan kali ini adalah Komandan yang merupakan bagian dari Bukit Algoritma dan APRI yang beranggotakan tiga juta penambang rakyat. Kita sepakat, APRI dan Komandan bekerja sama dan membuat lembaga riset tentang mineral di Bukit Algoritma ini,” kata BS -sapaan akrabnya- usai rapat kerja dengan APRI di Club House Cikidang, Sabtu (12/2/22).

APRI, kata BS, sebenarnya sudah melakukan berbagai inovasi. Apalagi di dalam tubuh APRI sendiri terdapat pakar-pakar dalam teknologi pengelohan mineral.

“Bukit Algoritma akan memberikan bimbingan secara teknis kepada APRI yang sudah mempersiapkan SDM-nya. Kita akan membantu teknologi pertambangan yang tidak merusak lingkungan. Koperasinya juga akan kita kembangkan agar lebih bermanfaat lagi buat masyarakat,” terangnya

Ia menegaskan, kerja sama dengan APRI akan hadir dalam bentuk pelatihan pengolahan teknologi tambang, penyusunan administrasi dan distribusi, hingga marketnya.

“Kita akan olah jadi bahan jadi bukan hanya jual mentahnya saja. Kita bisa bikin baterai metal dan industri manufaktur lainnya,” ungkapnya.

BS mengaku prihatin dengan keadaan para penambang rakyat yang sejauh ini masih butuh upaya hukum untuk melindungi aktivitasnya dan masih sering dianggap ilegal.

“Sekarang lagi kita perjuangkan bagaimana mereka punya status yang dilindungi hukum. Karena kesejahteraan rakyat sangat terbantu oleh aktivitas mereka,” bebernya.

“Obrolan dengan mereka akan saya bawa kepada pemerintah, dengan syarat melestarikan lingkungan dan lain sebagainya. Namun saya rasa sudah ada niat baik dengan adanya Responsible Mining Comunity (RMC), itu yang paling penting,” imbuhnya.

BS menegaskan, akan mengupayakan yang terbaik untuk APRI. Bahkan jika diperlukan, dirinya akan memanfatkan kedekatannya dengan Presiden Jokowi untuk berbicara soal payung hukum tambang rakyat.

“Saya tidak dapat memastikan, tapi saya akan upayakan yang terbaik. Saya juga berharap ke depannya ada acara pertemuan rutin dengan APRI,” harapnya.

“Untuk APRI di Sukabumi, saya lihat ternyata sangat kuat. Ada sekitar 20 ribu penambang rakyat dan mereka sudah punya RMC dan koperasi tambang. Saya rasa, mereka sudah layak mendapatkan payung hukum dan bimbingan dari pemerintah,” pungkas BS. (Ceppy ST)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button