AdvertorialKabupaten SukabumiKomunitasSeni Dan Budaya

Alun Alun Palabuhanratu Dihiasi Bonsai

Sukabuminow.com || Puluhan tanaman bonsai dijemur di Alun Alun Palabuhanratu, Kamis (9/11/23). Hal itu mengundang decak kagum Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Kegiatan Jemur Bonsai tersebut diinisiasi oleh Komunitas Pengrajin Bonsai Palabuhanratu Raya (PBPR). Puluhan bonsai itu berasal dari spesies yang berbeda.

“Kegiatan ini terbatas. Hanya ada 70 bonsai yang dijemur. Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh para pehobi bonsai termasuk Pak Bupati tadi,” jelas Sekretaris Komunitas PBPR, Ayi.

Baca Juga :

Di tempat sama Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, Jemur Bonsai merupakan ajang silaturahmi antara komunitas dan pemerintah untuk bersama-sama membangun daerah melalui hobi yang dimiliki.

“Selama ini petani bonsai diasumsikan merusak alam maupun lingkungan. Namun setelah adanya CPUGG (Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark), petani bonsai beralih menjadi budidaya bonsai. Jadi alamnya terjaga hobi-nya tetap terpelihara,” ungkapnya.

Kata Marwan, hobi bonsai di Kabupaten Sukabumi cukup meningkat. Bahkan bonsai Sukabumi telah meraih beberapa penghargaan di daerah lain. Potensi tersebut harus terus dikembangkan untuk mengharumkan nama daerah dan menunjang nilai ekonomi bagi para petani.

“Pemkab Sukabumi akan mendorong siapapun masyarakat yang memiliki pemikiran-pemikiran seperti ini,” tegasnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin di Kabupaten Sukabumi. Sehingga bonsai bisa menjadi media daya tarik para wisatawan luar untuk berkunjung ke Kabupaten Sukabumi.

“Terus dorong potensi ini untuk mengisi pembangun daerah melalui hobi yang menjadi nilai ekonomi,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button