Kabupaten SukabumiPariwisata

Wisawatan Membludak, Kadis Pariwisata Kabupaten Sukabumi Bicara Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani, menyebut banyaknya kunjungan wisatawan ke Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) sebagai sesuatu yang bagus. Hal itu dinilai dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kendati begitu, Usman menegaskan, hal itu juga berdampak pada potensi pelanggaran protokol kesehatan. Terlebih, jumlah Satgas Penanganan Covid-19 sangat terbatas.

“Tidak bisa dipungkiri kondisi objek wisata di kawasan CPUGG ramai selama dua hari pasca lebaran. Kondisi seperti ini sudah susah, karena masyarakat kita tidak nurut sementara petugas kita terbatas. Yang penting masyarakat waspada saja, tetap menggunakan Prokes dan bisa menjaga serta mengamankan dirinya. Jangan sampai hanya mengandalkan petugas, karena petugas terbatas,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan selular, Minggu (16/5/21).

Dijelaskan Usman, sejak jauh-jauh hari, pihaknya telah mengimbau para pedagang di kawasan wisata untuk selalu menerapkan Prokes selama melakukan aktivitasnya.

“Kita dari awal sudah mengimbau untuk mereka yang jualan agar tetap melaksanakan prokes. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan juga. Karena memang kemarin itu destinasi wisata tidak ditutup, tetap harus melaksanakan Prokes ketat,” jelasnya.

Dinas Pariwisata, terangnya, telah bersinergi dengan petugas lapangan. Namun ia mengaku memiliki kendala, yakni keterbatasan petugas untuk ditempatkan di tiap titik destinasi untuk selalu mengingatkan pengunjung tentang Prokes.

“Kita tugas kan kepada pengelola titik destinasi yang dikelola Pemda, untuk mengingatkan pengunjung tetang Prokes. Kita sudah ingatkan para petugas agar memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berkunjung untuk penerapan Prokes,” tandasnya.

Saat ini, kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi telah resmi ditutup sementara. Penutupan dilakukan sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close