AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Tingkatkan Kontribusi Perkebunan Besar dalam Pembangunan Kabsi, Distan Gelar Rakor

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi terus menggenjot optimalisasi pengelolaan perkebunan besar yang ada di Kabupaten Sukabumi. Salah satunya dengan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Perkebunan Besar di Kabupaten Sukabumi Tahun 2021.

Kepala Seksie Penatausahaan pada Perkebunan Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Gumilar Permana, mengatakan, pelaksanaan Rakor tersebut digelar di Hotel Selabintana Conference Resort, Sukabumi, Rabu (31/3/21) lalu.

“Kami mengambil tema ‘Meningkatkan Kinerja dan Optimalisasi Pengelolaan Perkebunan Besar di Kabupaten Sukabumi’. Ada 3 narasumber yang hadir dalam Rakor tersebut,” tutur Gumilar saat ditemui Sukabuminow.com di ruangannya, Senin (5/4/21).

PESERTA Rakor menyimak materi yang disampaikan. Foto : Ist

Ketiga narasumber yang dimaksud, antara lain Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, dengan materi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan Sub Sektor Perkebunan di Kabupaten Sukabumi; Kepala Kantor Pertanahan BPN Kabupaten Sukabumi yang diwakili oleh Kasi Penatagunaan Lahan/Iput Varera, dengan materi ‘Implementasi Peraturan dan Regulasi Pertanahan Dalam Pengelolaan HGU Perkebunan; dan Ketua Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) Jabar Banten Cabang Sukabumi, Agus Sudrajat, dengan materi Dinamika dan Keragaan Pengelolaan HGU di Kabulaten Sukabumi;

“Ada 2 tujuan dalam Rakor kemarin itu. Untuk merangsang pengelolaan perkebunan besar di Kabupaten Sukabumi menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Adapun tujuan Rakor itu, yakni Meningkatkan Koordinasi dan Keterpaduan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pembangunan Sub Sektor Perkebunan Antara Pemerintah Daerah dan Pengelola Perkebunan Besar serta Stakeholder Lainnya di Kabupaten Sukabumi; dan Menyamakan Pandangan dan Langkah Dalam Upaya Meningkatkan Kontribusi Perkebunan Besar Dalam Pembangunan Daerah di Kabupaten Sukabumi;

“Rakor kemarin juga dihadiri Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, 57 Direksi dan Administratur Perkebunan Besar se-Kabupaten Sukabumi, dan seluruh Kepala UPTD Pertanian Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button