Pertanian

Dapat Bantuan Mesin Canggih, Petani Nangkakoneng Cikidang Riang

Sukabuminow.com II Bahagia tak terhingga dirasakan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Karya Bersama Desa Nangkakoneng, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pasalnya, para pejuang gizi nabati tersebut baru saja mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian.

“Kami baru saja menyerahkan bantuan satu unit Genertaor D’Ozone dan perlengkapannya. Termasuk bak pencucian, dan ruang pendingin berkapasitas 1,5 ton,” ungkap Dedah Herlina, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi melalui saluran telepon, Kamis (15/11/18).

Dedah menjelaskan, alat tersebut pertama kali hadir di Kabupaten Sukabumi. Termasuk teknologi tinggi Kemenristek (Kementrian Riset dan Teknologi) yang diproduksi di Universitas Dipenogoro Kota Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan Gapoktan Karya Bersama dipilih karena merupakan aspirasi Reni Marlinawati, Anggota Komisi X DPR RI yang menginisiasi hadirnya alat tersebut.

Dedah Herlina (Kanan) dan Reni Marlinawati (tengah) dalam kegiatan penyerahan Generator D’Ozone. Foto : Ist

“Fungsinya untuk menambah usia penyimpanan produk pertanian hortikultura. Seperti sayuran dan buah-buahan yang memiliki karakteristik cepat membusuk jika disimpan lama. Nah, jika disimpan dalam alat ini, bakteri dan segala penyakit bisa hilang. Sehingga horti akan lebih awet dan sehat,” terangnya.

Baca Juga :

Sebagai perbandingan, lanjutnya, tomat yang sudah matang hanya akan bertahan singkat jika disimpan di suhu ruang bahkan dalam kulkas sekalipun. Sedangkan, ruang pendingin dengan Generator D’Ozone mampu membuatnya bertahan selama dua bulan. Sementara cabai dapat bertahan hingga empat bulan. Sedangkan bawang mampu bertahan lebih lama, yakni mencapai enam bulan.

“Kami jadikan ini sebagai percontohan. Akan terus dipantau dan kemungkinan akan kami ajukan lagi untuk tahun-tahun berikutnya. Kami berharap, hasil panen para petani akan lebih awet dan membantu menghindarkan mereka dari resiko kerugian,” tandasnya. (Diya)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close