AdvertorialKabupaten Sukabumi

Tetap Bergeliat, IKM Agro Bertahan di Tengah Corona

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Bagi Industri Kecil Menengah (IKM) Agro, wabah Covid-19 tidak berpengaruh. Walau banyak kalangan yang memprediksi bahwa IKM Agro bakal terpuruk.

Kepala Bidang Agro Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, Asep Ruswanda, mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, IKM Agro tetap berproduksi normal.

“Bedasarkan hasil monitoring di lapangan, pandemi Covid-19 ini tidak berpengaruh secara signifikan,” ujar Asep saat ditemui di Kantor DPESDM, Kecamatan Cisaat, Senin (31/8/20).

Namun, Asep tidak menyangkal jika ada beberapa IKM Agro yang terdampak. Tapi jumlahnya tidak signifikan. Dan IKM tersebut masih bisa beradaptasi dengan pasar dengan menciptakan produk lain.

“Walaupun ada beberapa IKM yang terdampak, tapi mereka bisa cepat beradaptasi dengan pasar. Mereka bisa pindah produksinya atau disertifikasi,” imbuhnya.

“Pelaku IKM itu fleksibel dan banyak keahliannya. Misalnya bagi pelaku IKM yang biasa memproduk kripik pisang namun sedang sepi pemasaran, maka IKM tersebut bisa dengan cepat membuat produk lain yang saat ini sedang ramai di pasar. Saya rasa asal ada kemauan saja, pasti mereka dapat bertahan,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close