Kabupaten Sukabumi

Terungkap, Juru Mudi Kapal WNA Terdampar di Tegalbuleud Dijanjikan Puluhan Juta Rupiah

Sukabuminow.com || 28 Warga Negara Asing (WNA) yang diduga imigran gelap telah dipindahkan ke Lapas Kelas II B Warungkiara. Sebelumnya, WNA yang sebelumnya terdampar di Pantai Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat itu diamankan di Mapolres Sukabumi.

Selain 28 WNA tersebut, petugas terkait juga menemukan dua orang WNI di rombongan tersebut. Keduanya diketahui berasal dari Makassar dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Peran keduanya yakni sebagai juru mudi. Kasus tersebut, dicurigai Kantor Imigrasi Kelas IIB Non TPI Sukabumi didalangi sindikat di belakangnya.

“Dari informasi yang kita himpun, memang ada yang mengarahkan mereka untuk berangkat, namun yang mengarahkan ini pun, si korban-korban ini tidak (saling) mengenal. Jadi hanya diiming-imingi kehidupan lebih baik, dapat pekerjaan di sana,” tutur Kepala Kantor Imigrasi Kelas IIB Non TPI Sukabumi, Daud Satrya Bhirawa, seperti dilansir dari akun instagram jurnalisonlinesukabumi, Senin (1/7/24).

Masih dilansir dari akun yang sama, Daud mengatakan, pihaknya akan mengejar pelaku yang memerintahkan dua WNI tersebut mengirimkan 28 WNA secara ilegal ke Australia. Para tekong atau juru mudi, kata Daud, juga tidak mengenal siapa yang menyuruhnya.

“Si penyuruh hanya bilang kepada tekong sedang butuh perahu untuk mencari ikan. Namun ternyata disuruh mengantar WNA ke Australia. Menurut pengakuan tekong, dirinya dijanjikan dibayar 30 juta rupiah. Baru dibayar uang muka 5 juta rupiah. Selebihnya akan dibayar ketika pekerjaan sudah selesai,” pungkasnya. (**)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button