AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatan

Target Vaksinasi Belum Tercapai, Sukabumi di Level 3

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Kabupaten Sukabumi kembali menginjak level 3 dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 5 hingga 18 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid mengatakan, turunnya level tersebut bukan akibat kurangnya penanganan Covid-19, melainkan masih kurangnya capaian target vaksinasi.

“Indikator laju positif, kesembuhan, angka yang meninggal, dan keterisian tempat tidur di rumah sakit, kita di level 2, bahkan harusnya level 1. Tapi kita belum mencapai 50 persen dari sasaran untuk vaksinasi. Makanya level kita turun ke 3,” terang Harun via telepon, Selasa (5/10/21).

Sasaran target capaian vaksinasi di Kabupaten Sukabumi berada di angka 2.136.590. Namun hingga saat ini, angka vaksinasi belum mencapai minimal 1.068.295 atau 50 persennya.

Berdasarkan data yang ada, jumlah masyarakat yang telah divaksin dosis 1 mencapai 590.953 atau 27,66 persen dari sasaran, sementara masyarakat yang telah divaksin dosis 2 mencapai 229.761 atau 10,75 persen. Serta tenaga kesehatan yang telah divaksin dosis 3 berjumlah 4.069 atau 73,98 persen.

“Untuk bertahan di level 2, vaksinasi lansia 60 tahun ke atas harus 40 persen dari total. Itu juga jadi permasalahan yang belum terpecahkan. Kami juga mengalami kendala dalam input data vaksinasi, karena masih banyak desa yang blank spot atau susah sinyal,” jelasnya.

Selain kendala-kendala itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi juga kekurangan vial vaksin.

“Indikator naik turun level dalam PPKM kali ini adalah capaian target vaksinasi, bukan penanganan. Kalau mau turun level lagi, masyarakat harus ikut serta membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi ini,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close