AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatanPemerintahan

Capaian Vaksinasi Lansia Rendah, Bupati Sukabumi Harap Peran Aktif Masyarakat

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Capaian vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia di Kabupaten Sukabumi berada di angka kurang dari 30 persen. Hal itu menjadikan Kabupaten Sukabumi kini kembali ke level 3 dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 18 Oktober mendatang.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, meminta peran aktif masyarakat dalam menyukseskan program pemerintah, yakni vaksinasi Covid-19. Sebab saat ini, level PPKM dihitung berdasarkan indikator capaian vaksinasi.

“Masyarakat harus turut serta membantu. Terutama vaksin manula harus di atas 40 persen, sedangkan kita di bawah 30 persen. Jadi perlu bantuan masyarakat,” ucap Marwan usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi, Selasa (4/10/21).

Berdasarkan data yang ada, jumlah masyarakat yang telah divaksin dosis 1 mencapai 590.953 atau 27,66 persen dari sasaran, sementara masyarakat yang telah divaksin dosis 2 mencapai 229.761 atau 10,75 persen. Serta tenaga kesehatan yang telah divaksin dosis 3 berjumlah 4.069 atau 73,98 persen.

“Kita bisa lihat sendiri, dengan posisi door to door saja hari ini kesulitan, karena antara kampung dengan kampung lain berjauhan. Sedangkan vaksinasi ini tidak bisa tidak, karena memang kendalanya para orang tua ini tidak bisa berangkat karena umur,” jelasnya.

Ia menjelaskan, banyak hal yang harus diantisipasi dari kembali turunnya Kabupaten Sukabumi ke PPKM level 3 akibat capaian vaksinasi yang masih kurang.

“Salah satunya bisa saja nanti acara maulid nabi tidak bisa dilakukan seperti biasa, dan itu harus kita hormati bersama,” ungkapnya.

“Indikator level PPKM sekarang itu capaian vaksinasi. Untuk kaum milenial sudah, tapi lansia masih belum. Apalagi catatan kematian akibat Covid-19 ini ada pada lansia, sekitar 20 persen,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close