AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Target Ekspor Manggis Sukabumi Bertambah

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Kementerian Pertanian RI memberikan mandat yang cukup berat kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, perihal ekspor buah manggis. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat.

Ia mengatakan, tahun 2019 lalu, target ekspor manggis Pemkab Sukabumi hanya 3 ribu ton saja. Namun tahun ini naik 3 kali lipat, yakni 9 ribu ton.

“Tujuan ekspor masih negara Tiongkok. Tahun lalu hanya 3 ribu ton target ekspornya. Tahun ini harus 9 ribu ton,” tutur Sudrajat kepada Sukabuminow.com saat ditemui di ruang kerja Bidang Tanaman Pangan Dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Senin (10/2/20).

Sudrajat menjelaskan, selama ini potensi manggis untuk ekspor hanya terdapat di 3 kecamatan, yakni Cikembar, Cicantayan, dan Gunungguruh. Namun, pasca digelarnya Festival Buah Kabupaten Sukabumi 2020, 31 Januari hingga 2 Februari lalu, pihaknya menemukan kecamatan lain yang memiliki potensi manggis.

“Setelah Festival Buah Kabupaten Sukabumi 2020 kemarin, ternyata ada 23 kecamatan lainnya yang memiliki potensi buah manggis. Itu yang akan kami sisir untuk memenuhi target ekspor 9 ribu ton ke Tiongkok. Kami optimis akan mampu memenuhi kebutuhan itu,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close