Kabupaten SukabumiKomunitasPariwisata

Rangkaian Kegiatan Hari Nelayan Kabupaten Sukabumi Resmi Dimulai

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Hari Nelayan Kabupaten Sukabumi Ke-60 tahun 2020 akan digelar 6 April mendatang. Namun, berbagai rangkaian kegiatan mulai digelar sejak Senin (10/2/20).

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, Dede Ola, mengatakan, Hari Nelayan Kabupaten Sukabumi ke-60, dihandle langsung oleh jajaran HNSI Kabupaten Sukabumi.

“Tahun ini, HNSI mengambil alih. Grand Opening sudah dilakukan tadi pagi. Diwarnai dengan karnaval jalan sehat, dan gerak jalan pelajar dan umum. Puncaknya nanti tanggal 6 April seperti biasa,” tutur Dede Ola kepada awak media di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Senin (10/2/20).

Dede Ola, yang juga sebagai Ketua Panitia Hari Nelayan Kabupaten Sukabumi Ke-60, menjelaskan, pihaknya mengangkat tema ‘Menggali Potensi Meraih Berkah Dengan Solidaritas dan Sinergitas’ dalam penyelenggaraan tahun ini.

“Artinya kita bisa mengeksplorasi potensi-potensi yang ada di Palabuhanratu khususnya, umumnya di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dengan ajang promosi wisata, gelar budaya, olah raga, dan pengembangan bakat, di sini ada semua sebetulnya. Makanya semua itu akan kita tampilkan dalam HSN Ke-60 kali ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, tidak ada anggaran baku untuk HSN. Pihaknya hanya mengandalkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi, sponsor, donatur baik perusahaan BUMN maupun swasta.

“Kami (HNSI Kabupaten Sukabumi) sudah beritikad menyelenggarakan Hari Nelayan Ke-60 ini apapun konsekuensinya. Meskipun dengan keterbatasan anggaran sekalipun. Sekali layar berkembang, badai dan ombak kita terjang. Yang penting terlaksana,” tegasnya.

“Yang jelas, bersama kita terus perjuangkan kesejahteraanun nelayan. Termasuk asuransi yang sebetulnya bisa diambil dari biaya pemerintah atau CSR perusahaan. Tinggal rekomendasi dari pemerintah daerah saja,” sambungnya.

Aneka perlombaan akan digelar untuk memeriahkan Hari Nelayan Ke-60 tahun 2020. Selain jalan sehat dan gerak jalan, terdapat juga lomba hias perahu, lomba mancing, lari maraton umum, yang rencananya diikuti oleh peserta dari Sulawesi, Sumatera, bahkan ada dari negara Kenya.

“Kami berharap, Hari Nelayan Ke-60 tahun ini bukan hanya seremonial belaka. Tapi akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor kelautan maupun pariwisata. Tahun 1970-1985, PAD Kabupaten Sukabumi itu dari laut. Tapi sekarang?, ikan saja disuplai dari luar daerah,” imbuhnya.

“Harusnya Palabuhanratu bisa menyuplai ikan ke luar, di situ artinya ada keterbatasan alat penangkapan atau alat untuk mengeksploitasi wilayah ruang laut. Itu yang harus segera dibenahi,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close