Kota Sukabumi

Tahun Baru Imlek, Lilin Hingga Barongsai Ditampilkan di Kota Sukabumi

Sukabuminow.com || Warga Tionghoa, Selasa (5/2/19), mempringati tahun baru Imlek 2570 (2019). Berbagai prosesi pribadatan digelar sejak Senin (4/2/19) kemarin. Ribuan lilin merah berbagai ukuran mulai dari kecil hingga besar nampak menghiasi Vihara Widhi Sakti di Jalan Pajagalan Kota Sukabumi.

“Ukuran lilin 200 sampai 500 kati atau sekitar 1,60 hungga 1,80 meter dengan diameter 38-42 sentimeter. Lilin yang ada di sini kiriman dari Bogor dan Jakarta dan mulai kami nyalakan sejak kemarin malam tepat pukul 00.00 WIB,” ungkap Bambang Harianto, Sekertaris Yayasan Vihara Widhi Sakti saat ditemui Sukabuminow, Selasa (5/2/19).

Ia menjelaskan, lilin memiliki makna simbol penerangan di tahun baru Imlek ini. Pada lilin tertulis nama pribadi, nama keluarga, hingga nama perusahaan. Itu bertujuan agar di tahun baru ini diberikan jalan yang lebih terang, lebih baik, membawa rezeki dan juga keselamatan.

“Sekarang tahun babi kayu. Harapannya tahun ini usaha lebih lancar, Indonesa damai, yang terpenting adalah Pemilu yang akan dilangsungkan berjalan lancar dan tidak terjadi kerusuhan yang akan merugikan kita semua,” ujarnya.

Baca Juga  :

Sebagai informasi, perayaan tahun baru Imlek tahun 2019 ini, puluhan barongsai akan tampil pada tanggal 24-25 Febuari mendatang. Namun aksi liong (naga) dan barongsai tersebut hanya akan dilangsungkan di sekitar lingkungan Vihara Widhi Sakti.

“Rencananya kita akan keluarkan liong dan barongsai nanti setelah 20 hari tahun baru Imlek. Kami tidak akan melakukan karnaval seperti tahun lalu. Warga yang ingin mau menyaksikan atraksi liong dan barongsai, silahkan datang ke Vihara Widhi Sakti atau biasa disebut Vihara Odeon,” pungkasnya. (Eko Arief)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close