Kabupaten SukabumiKesehatanPemerintahan

RSJ Marzoeki Mahdi Evakuasi Puluhan ODGJ Kabupaten Sukabumi

Sukabuminow.com || Puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Sukabumi dievakuasi massal dalam rangka mendukung Kabupaten Sukabumi Sehat. Tujuan evakuasi yakni Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor.

Sebelum menuju Bogor, para ODGJ terlebih dulu diperiksa di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto Palabuhanratu, Rabu (26/7/23).

“Ini adalah kegiatan pelayanan jiwa masyarakat, pemeriksaan dan evakuasi massal ODGJ berat se-Kabupaten Sukabumi. Ada 40 ODGJ yang didaftarkan menjadi peserta. Kemudian dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis jiwa, dokter UGD, perawat, dan sebagainya,” terang Penanggung Jawab Kegiatan Lintas Sektor dan Integerasi Instalasi Promosi Kesehatan RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, Iyep Yudiana.

Pengobatan di RSJ Marzoeki Mahdi Bogor menurut Iyep, akan dilakukan selama 18 hari. Setelah itu, para ODGJ tersebut akan dikembalikan ke Kabupaten Sukabumi melalui serah terima dengan perangkat daerah terkait dan keluarganya masing-masing.

“Para ODGJ yang dievakuasi massal ini dari seluruh Puskesmas se-Kabupaten Sukabumi dan Panti Aura Welas Asih. Pasien yang dititipkan keluarga menjadi prioritas,” ungkapnya.

Pelayanan kesehatan jiwa tersebut, kata Iyep, dilakukan di 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat ditambah delapan wilayah se-Banten melalui advokasi Pemda masing-masing.

“Ada banyak ODGJ yang dirawat dan diobati melalui kegiatan ininyang tidak bisa diobati di Puskesmas. Semoga kesadaran masyarakat melalui promosi ini makin lama makin meningkat. Sehingga nantinya keluarga bisa melakukan hal itu secara mandiri,” tandasnya. (Edo)

Editor : Ceppy ST

Berita Terkait

Back to top button