Kabupaten SukabumiPemerintahan

Sejumlah Menteri hingga Presiden Hadiri HCS 2024 di Palabuhanratu?, Ini Kata Sekretaris FSKSS

Sukabuminow.com || Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, siap menjadi tuan rumah yang baik dalam event Healthy Cities Summit (HCS) Ke-VI tahun 2024 mendatang. Hal itu ditegaskan Sekretaris Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS), Ajat Jatnika, usai rapat koordinasi di Aula Kecamatan Palabuhanratu, Rabu (5/6/24).

Ajat mengatakan, persiapan masih terus dimatangkan. Beberapa lokasi disiapkan dalam agenda event dua tahunan yang yang akan digelar pada 28 hingga 30 Juli 2024 itu. Ia menyebut, Palabuhanratu, Cisolok, Cikakak, Simpenan, Ciemas, Kabandungan, Cibadak, hingga Kadudampit, akan menjadi tempat yang dikunjungi oleh para peserta HCS 2024 dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Kita menyiapkan dari mulai Cisolok hingga area CPUGG termasuk Star Energy di Kabandungan, RSUD Sekarwangi di Cibadak, dan Suspension Bridge di Kadudampit. Kita juga sudah mulai cek lapangan dengan tim pembina Provinsi Jabar dan Kabupaten Sukabumi untuk memastikan semuanya siap,” tuturnya didampingi Camat Palabuhanratu, Deni Yudono.

Ajat menjelaskan, HCS 2024 akan dihadiri oleh sejumlah menteri. Bahkan kegiatan akan dibuka dengan pemukulan gong oleh Presiden Joko Widodo. Namun ia menyebut, masih menunggu konfirmasi kepastian kehadiran orang nomor satu di RI tersebut.

“Pada prinsipnya kita mengundang seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. Hanya nanti untuk kehadiran ini kan kita akan menyesuaikan dengan kuota tempat yang hanya bisa menampung sekitar 700-an,” katanya.

Adapun sejumlah agenda yang akan dilaksanakan dalam event HCS 2024, di antaranya gala dinner dan penerimaan oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Setelah opening ceremony pada esok harinya, paralel event akan dilaksanakan. Termasuk forum nasional untuk menentukan lokasi event HCS 2026 mendatang.

“Kemudian esok harinya itu fokus ke lapangan untuk visitaai tatanan ke lokasi yang telah disiapkan. Tidak semua peserta ke lokasi yang sama, tapi kita bagi tiga kelompok. Ketiga kelompok akan ke Jembatan Gantung Situ Gunung di Kadudampit, Star Energy di Kabandungan, dan RSUD Sekarwangi di Cibadak,” jelasnya.

“Event ini akan berakhir pada 30 Juli malam. Kemudian besoknya tanggal 31 peserta hanya breakfast dan kemudian selesai. Untuk acara kita pusatkan di SBH, dan kita akan gunakan tenda loader agar bisa menampung seluruh peserta,” bebernya.

Di tempat sama Camat Palabuhanratu, Deni Yudono, mengaku siap turut menyukseskan HCS Ke-VI tahun 2024. Terlebih Kecamatan Palabuhanratu berada di area penyelenggaraan. Sehingga persiapan harus dilakukan maksimal.

“Rakor tadi membuat kami memiliki gambaran tupoksi yang harus dilakukan. Intinya kami siap berkolaborasi dengan FSKSS untuk menyukseskan HCS 2024 ini,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button