Kabupaten SukabumiPemerintahan

Sambut PLTB di Sukabumi, Wagub Jabar Bicara Manfaat

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) akan dibangun di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzahnul Ulum, saat meninjau lokasi untuk PLTB terbesar se-Asia tersebut, Rabu (8/9/21).

“Eksplorasi ini ada sebuah kesimpulan yaitu pembangunannya dilanjut alias diteruskan. Sehingga di sini sudah bisa dipastikan akan dibangun pembangkit listrik tenaga bayu atau PLTB,” ucap Uu kepada awak media.

Menurutnya, ada banyak manfaat yang akan dirasakan dengan hadirnya PLTB, di antaranya menjadi objek wisata hingga harga tanah naik dan pajak bumi dan bangunan (PBB) meningkat.

“Manfaat yang dihasilkan yang pertama jelas Jawa Barat memiliki sumber listrik, bahkan bisa dialirkan ke daerah lain. Energi terbarukan terus-terusan ada dan hemat biaya karena memanfaatkan angin. Dan jelas, juga ramah lingkungan,” ujarnya.

Selain di atas lahan milik warga, proyek pembangunan PLTB yang dijalankan oleh PT UPC Renewables Indonesia tersebut, juga akan dibangun di atas lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dan Perhutani.

“Listrik yang dihasilkan dari PLTB ini sekitar 150 mega watt dengan 50 turbin. Kami berharap pak Wagub dan rekan-rekan jajaran dapat mendorong percepatan pembangunannya. Saat ini kita sedang berusaha untuk dijadikan proyek strategis nasional,” timpal Senior Projek Developer PT UPC Renewables Indonesia, Kalla Primista di lokasi yang sama.

Ia menjelaskan, jika sudah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional, pihaknya siap membangun dalam waktu dekat dengan estimasi waktu yang dibutuhkan selama 2 tahun.

“Jika penetapan itu di tahun 2022 triwulan kedua, maka dalam waktu 2 tahun itu kami bisa menyelesaikan proses-proses sampai dengan operasi sebelum pak Presiden Joko Widodo menyelesaikan masa baktinya di tahun 2024. Sehingga beliau bisa datang meresmikan,” bebernya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close