AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Sah, Perkebunan di Kabupaten Sukabumi Terima SK Bupati

Sukabuminow.com || Surat Keputusan (SK) Bupati Sukabumi Reklasifikasi Penilaian Perkebunan Besar 2021 telah diserahkan kepada 56 perkebunan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Penyerahan SK dilakukan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi yang difasilitasi Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) Jabar Banten Cabang Sukabumi, Senin (8/11/21).

“Alhamdulilah tadi siang sudah diserahkan SK Bupati Sukabumi terkait reklasifikasi perkebunan besar 2021 yang penilaiannya dilakukan bulan Juli lalu. Semua sudah tuntas,” terang Kepala Dinas Pertanian, Thendy Hendrayana melalui Kepala Bidang Perkebunan, Ajat Sudrajat.

Selain penyerahan SK, kata Ajat, pertemuan dengan pengelola 51 Perkebunan Besar Swasta (PBS) dan 5 PT Perkebunan Nusantara (PTPN) pengelola Hak Guna Usaha (HGU) di Kabupaten Sukabumi tersebut, juga dilakukan sinergitas pengelolaan usaha perkebunan besar.

“Sekalian juga perkenalan dengan kepala, sekretaris, dan saya sendiri selaku Kabid Perkebunan yang baru. Ke depan, kami siap lebih bersinergi dengan seluruh perkebunan di Kabupaten Sukabumi. Tujuannya tentu untuk kesejahteraan masyarakat sekitar perkebunan juga,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksie Penatausahaan pada Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Gumilar Permana mengatakan, penilaian terhadap seluruh perkebunan telah dilakukan oleh Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi pada 15 Juni hingga 16 Juli lalu.

“Seluruh prosesnya sudah selesai dilakukan. Hasilnya ada perkebunan yang kategorinya naik, ada yang turun, dan ada pula yang bertahan. Kelas kebun sendiri terdiri dari kelas 1 sampai kelas 5. Semuanya sudah selesai, bahkan masa sanggah juga sudah dilewati,” jelasnya. (Ade Firmansyah)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button