AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Rehab Rutilahu, Ini Jatah Palabuhanratu

Sukabuminow.com || Rasa syukur diungkap Camat Palabuhanratu, Ali Iskandar, atas bantuan rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) untuk warganya dari Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tahun ini, puluhan rutilahu di Kecamatan Palabuhanratu direhab.

“Alhamdulillah ada 20 rutilahu yang direhab menggunakan anggaran Disperkim Kabupaten Sukabumi tahun ini,” tutur Ali usai peresmian Gedung Sekretariat Bersama Lembaga Keagamaan di samping Kantor Kelurahan Palabuhanratu, Kamis (7/12/23).

Baca Juga :

Ia menjelaskan, jumlah tersebut tersebar di delapan desa dan satu kelurahan di Kecamatan Palabuhanratu. Jumlah rutilahu yang direhab di desa dan kelurahan tersebut tidak sama.

“Tiga unit di Kelurahan Palabuhanratu, dua unit di Desa Citarik, satu unit di Citepus, satu di Tonjong, satu di Cikadu, dua di Buniwangi, dua di Cibodas, empat di Cimanggu, dan empat di Jayanti,” terangnya.

Khusus untuk Desa Jayanti, kata Ali, total rutilahu yang direhab bertambah satu menjadi lima unit. Tambahan tersebut berasal dari CSR PLTU Palabuhanratu.

“Saat ini progresnya beragam mulai dari 40 persen hingga 60 persen. Tapi sudah kita tekankan kepada LPM (Lembaga Pemasyarakatan Desa) masing-masing, bahwa harus selesai di akhir tahun ini,” pungkasnya.

Adapun anggaran untuk rehab rutilahu tahun ini senilai 20 juta rupiah per unit. Dari nilai itu, 17,5 juta rupiah di antaranya untuk material bahan bangunan, dua juta rupiah untuk upah, dan 500 ribu rupiah untuk biaya operasional,” tandasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button