Kabupaten SukabumiPeristiwa

Ratusan Rumah di Kasepuhan Ciptarasa Cikakak Tak Dapat Aliran Listrik, Ini Penyebabnya

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Ratusan warga di Kampung Adat Kasepuhan Ciptarasa, Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, kesulitan mendapatkan penerangan listrik.

Informasi yang dihimpun, matinya aliran listrik diakibatkan turbin PLTA yang berada di sungai Cisarua, Desa Sirnarasa, tidak berfungsi setelah pipa irigasi ambruk akibat diguyur hujan deras pada Kamis (4/9/20) lalu.

Sekretaris Desa Ciptarasa, Cakra, mengatakan, kejadian ambruknya pipa irigasi terjadi sekitar pukul 16.00 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun ratusan rumah mengalami kegelapan akibat listrik yang mati.

“Irigasinya ambruk terputus, jadi sudah empat hari ini aliran listrik mati di Kampung Adat Ciptarasa,” ujar Cakra, Senin (7/9/20).

Namun begitu, tidak ada yang mengetahui pasti kejadian ambruknya pipa aliran irigasi yang cukup besar tersebut. Warga mengetahui saat akan menyalakan aliran listrik di turbin utama PLTA Cisarua.

“Warga baru mengetahui setelah mau menyalakan listrik di gardu utama, tapi ternyata mati,” jelasnya.

Mengetahui listrik tidak menyala, warga langsung melakukan pengecekan dengan menelusuri aliran irigasi. Saat itulah didapati ternyata pipa penghubung ambruk. Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk segera mendapat penanganan.

“Warga berharap ada sumbangsih dari pihak ketiga untuk membantu memperbaiki irigasi ini. Karena keberadaan PLTA dan listrik menyangkut kehidupan warga terutama untuk kebutuhan penerangan” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close