Kabupaten SukabumiKesehatanPemerintahan

Rapting hingga Mas Berlins, Inovasi Kecamatan Kalibunder Perangi Stunting

Sukabuminow.com || Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi memiliki inovasi tersendiri dalam percepatan penurunan stunting. Deni Yudono selaku camat, mencanangkan Program Rapting atau Rame-rame Perangi Stunting.

Berdasarkan data yang dihimpun Sukabuminow.com, jumlah anak stunting di Kecamatan Kalibunder mencapai 206 orang. Jumlah itu tersebar di tujuh desa, di antaranya Kalibunder, Bojong, Cimahpar, Sekarsari, Sukaluyu, Balekambang, dan Mekarwangi.

“Rapting itu inovasi yang kami terapkan di kecamatan. Ada juga inovasi di setiap desa. Kami terus mendorong agar angka stunting di Kalibunder ini menurun sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkap Camat Kalibunder, Deni Yudono, Jumat (18/8/23).

Di Desa Kalibunder, inovasi yang disuguhkan bernama Katawis atau Kalibunder Tangani Wasting dan Intervensi Stunting, Sementara itu Bozes atau Bojong Zero Stunting di Desa Bojong, Cihampelas atau Cimahpar Hempas Perlahan Stunting di Desa Cimahpar, serta Cegah Stunting Sejak Dini atau Centini di Desa Sekarsari.

Selanjutnya Bersama Perangi dan Peduli Stunting atau Berang Peting di Desa Sukaluyu, Balekambang Turunkan Stunting dengan Perbaikan Gizi (Batu Sinergi) di Desa Balekambang, dan Mekarwangi Atasi Stunting Bersama Lintas Sektor (Mas Berlins) di Desa Mekarwangi.

“Ada juga aksi pencegahan dan penanganan stunting yang kami khususkan untuk remaja puteri. Kita galakan Mojang Anti Anemia atau Moana,” terang mantan Sekretaris Kecamatan Palabuhanratu itu.

Deni menjelaskan, pemberian makanan tambahan yang sehat dan bergizi menjadi satu dari sekian banyak agenda penting dalam percepatan penurunan stunting di Kecamatan Kalibunder. Dirinya mengakui jika stunting bukan hanya tugas pemerintah, namun tugas bersama dengan azas kemanusiaan dan kepedulian.

“Tanpa bantuan semua pihak pasti akan berat. Tapi Alhamdulillah semua unsur di Kalibunder terlibat dalam percepatan penurunan stunting ini. Saya secara pribadi dan sebagai Camat Kalibunder sangat berterima kasih kepada seluruh unsur Kalibunder. Tugas kita masih panjang, tapi kita yakin bisa,” pungkasnya. (Denden)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button