AdvertorialKabupaten SukabumiNasionalPemerintahan

Raih Nilai SAKIP B, Bupati Sukabumi : Jangan Puas Dengan Capaian Ini

Reporter : Bimbim

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi dianugerahi nilai B untuk hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Provinsi dan Kabupaten/Kota Wilayah I Tahun 2019. Anugerah tersebut diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI, Tjahjo Kumolo kepada Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, di Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/2/20).

Tak hanya Pemkab Sukabumi yang menerima anugerah tersebut. Terdapat 184 Pemda lainnya dari 11 provinsi dan 174 Kabupaten dan kota se-wilayah 1 Republik Indonesia, meliputi Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Barat.

“Pemda di Provinsi Jawa Barat, tata kelolanya memang bagus. Makanya pantas nilai SAKIP-nya B. Kalau tahun lalu, Daerah Istimewa Yogyakarta yang seperti ini,” tutur Menpan-RB RI, Tjahjo Kumolo dalam sambutan.

“Penilaian evaluasi SAKIP sudah melalui proses yang ketat. Banyak tahapan yang harus dilalui,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menegaskan, bahwa nilai SAKIP yang diraih harus dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintahan.

“Jangan puas dengan pencapaian ini. Kami harus terus meningkatkan kinerja pengeloaan keuangan yang akuntabel,” ujarnya.

Marwan menyebut, nilai B yang diraih untuk SAKIP Pemkab Sukabumi, menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sejauh ini.

“Anugerah ini sebagai bukti meningkatnya kualitas kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan. Oorientasinya jelas, yakni pada hasil. Terlihat sudah menunjukan pada arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close