AdvertorialKabupaten SukabumiReligi

Puluhan Pasangan di Cisolok Resmi Miliki Legalitas Menikah

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || 30 pasangan suami istri di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, mendapatkan akta nikah dan buku nikah gratis melalui sidang Isbat terpadu Pengadilan Agama Cibadak, Jumat (3/7/20).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, mengatakan, sidang Isbat tersebut merupakan hasil kerja sama Pemkab Sukabumi melalui Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dengan Kementerian Agama, dan Pengadilan Agama Cibadak

“Sidang Isbat ini yang ketiga kalinya di tahun 2020 ini. Di
Jampangkulon diikuti 50 pasangan, Cibadak juga ada 50 pasangan. Sekarang di sini diikuti 30 pasangan. Kegiatan ini jelas sangat
menolong masyarakat untuk sisi administrasi akad nikahnya,” tuturnya usai menghadiri kegiatan tersebut.

Dengan adanya program tersebut, lanjut Iyos, masyarakat sangat terbantu dalam mengurus akta kelahiran anak dan administrasi kependudukan lainnya.

Di lokasi yang sama ,Kepala Desa Pasirbaru, Hidayah, menjelaskan, sebelumnya 40 pasangan di Desa Pasirbaru telah mengikuti sidang Isbat pada Januari lalu. Dan kini, 30 pasangan melakukan hal yang sama.

“Masyarakat kami sangat terbantu dengan adanya program ini,” singkatnya.

Sementara itu, Panitera Pengadilan Agama Cibadak, Upu Saripudin, mengatakan, sidang Isbat tersebut didanai oleh Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) PA Cibadak.

“Dana sidang Isbat dari DIPA PA Cibadak itu Rp 300 ribu perperkara. Kami menerima 156 perkara untuk tahun ini, semuanya sudah disalurkan. Sidang Isbat Terpadu akan digelar di dua tempat lagi, yakni Desa Cijambe dan Cicareuh, Kecamatan Cikidang,” jelasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close