AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Program Perbaikan Rutilahu, Perkim Sasar Ratusan Rumah

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan merehabilitasi ratusan rumah tidak layak huni (Rutilahu) pada tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, Puji Widodo.

Ditemui di ruangannya, Selasa (9/11/21), Puji mengatakan, Program Perbaikan Rutilahu Kabupaten Sukabumi itu dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2021.

“Program ini awalnya untuk 1065 unit, tapi dipangkas menjadi 533 Rutilahu se-Kabupaten Sukabumi akibat pandemi Covid-19,” terang Puji kepada Sukabuminow.com.

“Penerima manfaat ditentukan melalui survey tim fasilitator lapangan (TFL) dengan desa dan kelurahan. Dan kuotanya tidak semua desa sama karena keterbatasan itu,” imbuhnya.

Setiap unit Rutilahu, katanya, akan mendapatkan biaya sebesar 15 juta rupiah yang ditransfer ke rekening Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) desa/kelurahan.

“Prosesnya non tunai. Di transfer ke rekening LPM desa/kelurahan. Dari jumlah itu, yang 14 juta akan ditransfer LPM ke toko material untuk bahan bangunan rehab Rutilahu itu. Sedangkan yang 1 juta bisa dicairkan. 700 ribu untuk upah tukang, dan 300 ribu untuk administrasi pelaporan,” bebernya.

Program tersebut ditarget selesai pada bulan Desember 2021. Dimana tahapan proses dimulai dari November.

“Harusnya dari September tahapan prosesnya. Tapi karena ada perubahan anggaran, jadi tahapannya dimulai bulan ini,” tandasnya. (Ade Firmansyah)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button