AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPendidikan

PKBM Insan Cerdas, Solusi Pendidikan Formal untuk Santri

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, memiliki Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Lembaga dengan nama Insan Cerdas tersebut baru saja diresmikan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Sabtu (12/9/20).

“Kegiatan di PKBM Insan Cerdas sama saja dengan kegiatan di sekolah formal. Kehadirannya harus menjawab segala persoalan pendidikan, minimal di Sukaraja, maksimalnya di tingkat Kabupaten Sukabumi. Tidak boleh ada lagi anak usia sekolah yang tidak mendapatkan pendidikan dengan alasan apapun,” tutur Marwan.

PKBM Insan Cerdas, sejauh ini memiliki 32 pelajar, yang merupakan santri dari Rumah Tahfidz Al-Qur’an. Marwan juga memuji sinkronisasi PKBM Insan Cerdas dengan Rumah Tahfidz Al-Qur’an tersebut.

“Sangat bagus. Sehingga nantinya, santri yang belajar di sana mendapatkan tambahan ilmu dan juga ijazah kesetaraan. Life skill anak juga harus dimunculkan sebagai kemampuan tambahan. Sehingga potensi, ide kreatif, dan gagasan anak bisa terus didorong,” paparnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Kabupaten Sukabumi, M Solihin, menegaskan, setelah diresmikan, status PKBM Insan Cerdas kini telah sah menjadi bagian dari satuan pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

“Adanya PKBM Insan Cerdas ini akan menambah layanan akses pendidikan kepada masyarakat. Mereka juga bisa mengelola PAUD, program kesetaraan, hingga life skill,” singkatnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close