Kabupaten SukabumiPemerintahanPeristiwa

Penyebab Pergerakan Tanah di Palabuhanratu Terungkap, Ini Kata BPBD Kabupaten Sukabumi

Sukabuminow.com || Peristiwa pergerakan tanah di Kampung Nyalindung, Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, disebabkan karena struktur tanah yang labil.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra, Rabu (8/12/21).

“Itu berdasarkan kajian dari Badan Informasi Geospasial dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),” terang Wawan di Balai Desa Pasirsuren.

Wawan mengatakan, kajian telah dilakukan beberapa kali. Pihaknya sendiri telah dua kali melakukan kajian. Di antaranya dari Badan Informasi Geospasial, dan Bidang Geologi PVMBG.

“Struktur tanahnya labil memang. Diperparah dengan resapan air dan terpengaruh curah hujan yang sangat tinggi sehingga ada pergeseran,” ujarnya.

Wawan menjelaskan, tipe pergeseran tanah tersebut merayap. Sehingga dipastikan agak lama dan akan semakin cepat jika dipengaruhi curah hujan yang sangat tinggi.

“Ada dua titik kumpul bagi warga terdampak jika terjadi kerusakan parah akibat pergerakan tanah ini, di Kampung Cirawa dan Kampung Cikawini. Sudah direspon cepat oleh pemerintah pusat melalui Kemensos hari ini kita ada kesiapsiagaan. Baik dari sisi sarana prasarana dan juga tempat evakuasi sementara,” bebernya.

“Tapi jika masyarakat tidak bisa kembali ke rumahnya pada saat kejadian, maka titik akhirnya ada di balai desa ini,” pungkasnya. (Ade Firmansyah)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button