Kabupaten SukabumiPemerintahan

Pendangkalan Sungai, Male : Segera Usulkan ke Pemprov Jabar

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Kepala UPTD Dinas PU wilayah Palabuhanratu, Male Sucarwana, menanggapai keluhan dan kekhawatiran masyarakat soal pendangkalan Sungai Cipalabuan, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Ia mengaku, sangat menyayangkan pendangkalan tersebut. Namun begitu, pihaknya bukan tidak melakukan upaya usulan untuk penanganan sungai Cipalabuan. Sebab hal tersebut merupakan kewenangan Provinsi Jabar.

“Untuk sekarang sungai itu kewenangannya ada di dinas provinsi. Masuknya ke balai PSDA wilayah Sungai Cisadea – Cibareno,” ujar Male, Senin (16/11/20).

“Dinas PU hanya bisa memberikan imbauan dan arahan kepada pemerintah setempat dalam hal ini Kelurahan Palabuhanratu, untuk segera melakukan usulan penanganan pendangkalan Sungai Cipalabuan tersebut. Kalau kita punya kewenangan melakukan ususlan, mungkin sudah kita usulkan ke Balai. Tapi kan harus desa atau kelurahan langsung yang melakukan usulan langsung,” jelasnya.

Masih kata Male, tidak hanya Sungai Cipalabuan yang mengalami pendangkalan. Di wilayah Palabuhanratu ada beberapa sungai yang sudah dangkal dan perlu mendapat penanganan penegerukan atau normalisasi.

“Sungai yang mengalami pendangkalan di wilayah Palabuhanraru salah satunya Sungai Karangpapak, Sungai Cimaja, dan Sungai Cipalabuan,” terangnya.

“Semoga masyarakat memahami kondisi seperti itu. Dan kami mengimbau pemerintah setempat segera melakukan usulan ke Balai PSDA Provinsi Jabar supaya segera mendapat penanganan, mengingat saat ini sudah musim hujan,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button