Kabupaten SukabumiSosial

Obati ODGJ, Karang Taruna Desa Citarik Ketuk Pintu Hati Dermawan

Sukabuminow.com || Seorang lelaki warga Kampung Cisaat, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jemi, dievakuasi dan dititipkan ke Yayasan Insan Kamil Hidayatullah di Jl. Jend. A. Yani, Kampung Cangehgar, RT 02/02 Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Minggu (31/12/23).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sukabuminow.com, lelaki tersebut mengidap gangguan kejiwaan. Ragam upaya dilakukan Karang Taruna Cipta Karya Mandiri Desa Citarik yang dipimpin Hamam itu untuk menolong ODGJ berusia 35 tahun tersebut. Salah satu caranya dengan melakukan pengumpulan dana.

Baca Juga :

“Kami melakukan penggalangan dana karena yang bersangkutan sangat membutuhkan pengobatan. Alhamdulillah banyak yang tergugah hatinya menjadi donatur, sehingga kami bisa mengevakuasinya ke Yayasan Insan Kamil,” ungkap Ketua Penggalangan Dana, Sambi.

Inot -sapaan Sambi- mengatakan, Jemi menjadi ODGJ sejak 2008 lalu. Sejumlah pengobatan pernah ditempuh, di antaranya dirawat di RS Marzuki Mahdi Bogor, RS Sukabumi,
RSUD Palabuhanratu, hingga tiga tahun di Yayasan Aura Welas Asih. Namun semua upaya itu tidak membuahkan hasil.

“Selama ini tinggal di rumah orangtuanya. Dirawat ibunya (Mak Ciah). Sering mengamuk dan merusak rumah warga. Suka mukul juga termasuk mukul ibunya. Sering bugil juga,” terang Sekretaris Karang Taruna Cipta Karya Mandiri Desa Citarik itu.

Dana yang terkumpul dari para donatur, kata Inot, mencapai 1,8 juta rupiah. Uang tersebut telah disetorkan ke Yayasan Insan Kamil sebagai DP penitipan ODGJ tersebut. Sedangkan kebutuhan yang harus dibayar di awal masuk yakni 3,5 juta rupiah.

“Kami masih menggalang dana untuk Jemi. Apalagi kita butuh 1,5 juta rupiah sebagai biaya bulanan di yayasan,” imbuhnya.

Ia berharap, lebih banyak warga yang terketuk pintu hatinya membantu pembiayaan Jemi. Terlebih kondisi ekonomi keluarga Jemi tidak dalam keadaan baik.

“Semoga lebih banyak donatur. Dan semoga Jemi membaik bahkan sembuh,” pungkasnya. (**)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button